ANALISIS PERINGKAT TOP BRAND OJEK ONLINE MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL PERCAKAPAN TWITTER
Jurusan Sistem Informasi,Universitas Gunadarma
Indonesia
Jurusan Sistem Informasi,Universitas Gunadarma
Indonesia
Article Submitted: 06 February 2020
Article Published: 08 February 2020
Abstract
Banyak bisnis mulai muncul dengan melibatkan pengembangan teknologi internet. Salah satunya adalah bisnis di aplikasi berbasis penyedia layanan di bidang moda transportasi berbasis online yang ternyata dapat memberikan solusi dan menjawab berbagai kekhawatiran publik tentang layanan transportasi umum. Kemacetan lalu lintas di kota-kota besar dan ketegangan publik dengan keamanan transportasi umum diselesaikan dengan adanya aplikasi transportasi online seperti Grab dan Gojek yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa keaktifan percakapan brand jasa transportasi online di jejaring sosial Twitter berdasarkan properti jaringan. Penelitian dilakukan dengan dengan mengambil data dari percakapan pengguna di social media Twitter dengan cara crawling menggunakan Bahasa pemrograman R programming dan software R Studio dan pembuatan model jaringan dengan software Gephy. Setelah itu data dianalisis menggunakan metode social network analysis yang terdiri berdasarkan properti jaringan yaitu size, density, modularity, diameter, average degree, average path length, dan clustering coefficient dan nantinya hasil analisis akan dibandingkan dari setiap properti jaringan kedua brand jasa transportasi Online dan ditentukan strategi dalam meningkatkan dan mempertahankan keaktifan serta tingkat kehadiran brand jasa transportasi online, Grab dan Gojek.
Keywords
References
A. P. Maharani Maulydia, "Comparison of User Experience on GoJek and Grab Mobile Apps (A study on PT Gojek and PT Grab Indonesia Consumers in DKI Jakarta" ,Universitas Padjajaran, Bandung, 2017.
"Top Brand Award," [Online]. Available: https://www.topbrand-award.com . [Accessed 2 Maret 2019].
A. A. Nurshafa, "Analisis Peringkat Brand Pada Jejaring Sosial Percakapan Menggunakan Metode Social Network Analysis (Studi Kasus Brand Alfamart Dan Indomaret Pada Media Sosial Twitter Indonesia)", Universitas Telkom, Bandung, 2016.
V. N. A. Aini, "Analisis Pada Peringkat Top Brand Menggunakan Jejaring Sosial Percakapan Dengan Social Network Analysis (Studi Kasus Pada Smartphone Samsung, Blackberry, Nokia, Iphone Di Indonesia)", Universitas Telkom, Bandung, 2016.
A. E. P. Umaimah Wahid, "Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations", Jurnal Komunikasi., vol. 9, no. 1, p. 31 – 43, Juli 2017.
K. S. Rifaldi, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta", Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta, 2016.
[Online]. Available: id.beritasatu.com. [Accessed 2019].
P. R. S. B. V. D. H. David Westerman, "Social media as information source: Recency of updates and credibility of information", Journal of computer-mediated communication, vol. 19, no. 2, pp. 171-183, 2014.
[Online]. Available: https://support.twitter.com. [Accessed 2019].
H. L. P. P. C. E. Suh B, " Want to be retweeted? large scale analytics on factors impacting retweet in twitter network", IEEE Second International Conference on Social Computing, pp. 177-184, 2010.
J. Scott, "Social Network Analysis," Sociology, vol. 22, no. 1, pp. 109-127, 1988.
A. Technologies, "Social Network Analysis Software - Cultural Domain Analysis Software", Analytic Technologies, P.O. Box 910359, Lexington, KY 40513 USA.
S. Y. David Knoke, "Social Network Analysis", SAGE Publications, Inc , University of Minnesota, Twin Cities Song Yang University of Arkansas , 2008.
G. Cheliotis, "Social Network Analysis (SNA) including a tutorial on concepts and methods", National University of Singapore, 2010.
A. J. P. V. M. O’malley, "The analysis of social networks" , Health services and outcomes research methodology 8, vol. 4 , pp. 222-269, 2008.
A.-L. Barabási, "The origin of bursts and heavy tails in human dynamics", Nature, vol. 435, pp. 207-211, 2005.
M. P. Albert-László Barabási, Network Sceince, Cambridge University, 2016.
M. R. Robert A Hanneman, "Introduction to social network methods", University of California, Riverside , 2005.
M. E. J. Newman, "Modularity and community structure in networks", in Proceedings of the National Academy of Sciences, USA, 2006.
M. E. J. Newman, "Network data" , Paul Dirac Collegiate Professor of Physics Department of Physics and Center for the Study of Complex Systems University of Michigan, 2013. [Online]. Available: http://www-personal.umich.edu/~mejn/netdata/. [Accessed March 2019].
G. Csardi, "inside-R" , Harvard Statistics Department, [Online]. Available: http://www.inside-r.org/packages/cran/igraph/docs/average.path.length. [Accessed 2019].