ANALISIS KUALITAS WEBSITE DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP WEBSITE BANK DKI

Erni Wigati
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penggunaan website di Indonesia sangat bermanfaat karena banyak yang menggunakannya sebagai media komunikasi, informasi, pendidikan, dan pemasaran. Pada dunia perbankan misalnya, dengan adanya perpaduan antara teknologi dengan layanan bank tradisional melalui website, membuat penyediaan informasi untuk nasabah menjadi lebih efektif dan efisien. Bank DKI merupakan salah satu bank yang telah menyediakan layanan website pada nasabahnya. Akan tetapi, layanan yang disediakan hanya sebatas untuk memberikan informasi terkait aktifitas bank seperti informasi produk dan jasa bank saja. Selama ini, baik oleh pihak bank maupun dari penelitian lain belum melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah nasabah merasa puas dengan fasilitas website bank yang diterapkan, terutama dari segi kualitas informasi yang disediakan hingga tampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas website Bank DKI terhadap kepuasan nasabah Bank DKI. Pengukuran kualitas website dalam penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 dengan menganalisis 3 variabel bebas yaitu usability, information quality, dan service interaction quality dan variabel terikat yaitu user satisfaction. Populasi penelitian adalah nasabah Bank DKI dengan sampel 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan pemberian kuesioner kepada nasabah selaku pengguna layanan website Bank DKI. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas dalam penelitian yaitu usability, information quality, dan service interaction quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel terikat user satisfaction, sehingga dapat dikatakan bahwa nasabah merasa puas dengan kualitas website Bank DKI meskipun hubungan antar variabelnya sedang. Hal tersebut bisa menjadi motivasi sekaligus catatan bagi pengelola website Bank DKI untuk terus meningkatkan kualitas konten dari website.

 

Kata kunci: Kepuasan Nasabah, Kualitas Website, Regresi Linier Berganda, Webqual 4.0

Information
PDF Tweet
1836 times PDF : 1972 times