APLIKASI WATERMARKING DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT MENGGUNAKAN MATLAB
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Watermarking sebagai salah satu cabang dari ilmu steganography yang merupakan teknik penyisipan data atau informasi yang bersifat rahasia ke dalam media data digital lainnya.Watermarking merupakan salah satu solusi untuk melindungi hak cipta yang merupakan suatu teknik penyisipan (embedding) informasi ke dalam media data digital seperti citra, teks, audio dan video secara rahasia.Pada penulisan ilmiah ini dibuat suatu aplikasi watermarking menggunakan metode Least Significant Bit (LSB).Tahapan yang dilakukan untuk membuat aplikasi ini adalah melakukan analisa kebutuhan aplikasi, perancangan menggunakan UML dan struktur navigasi, serta pembuatan aplikasi dan pengkodean mengunakan MATLAB R2010a.Hasil uji coba aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyisipkan watermark ke dalam gambar digital yang dapat berupa teks maupun gambar untuk mengamankan gambar digital. Pada gambar digital yang berekstensi .png dan .bmp metode Least Significant Bit (LSB) yang dalam proses watermarking tidak membuat adanya perbedaan yang signifikan antara ukuran gambar asli dengan ukuran gambar yang dihasilkan, sedangkan pada gambar asli yang berekstensi .jpg proses watermarking membuat perubahan ukuran yang signifikan karena adanya perubahan ekstensi pada hasil gambar.
Kata kunci: Gambar Digital, Least Significant Bit, MATLAB, Watermarking