IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE DAN OFFICIAL WEBSITE DALAM MELAKUKAN DIGITAL MARKETING DENGAN MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA TOKO RAPIDY BORDIR
Universitas Bina Nusantara
Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi e-commerce official website pada perusahaan Jasa Bordir Komputer dan memperkenalkan kepada publik produk dan jasa yang disediakan termasuk portofolio dan pembelian secara online. Permasalahan umum yang ditemukan melalui SWOT Analysis adalah proses pemasaran dan penjualan yang belum dapat menjangkau target pasar secara luas, manipulasi data transaksi, dan waktu yang tidak efisien dalam melakukan proses bisnis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi literatur, observasi, dan interview dengan pihak perusahaan. Pembangunan Sistem Informasi website e-commerce dan official website dari awal perencanaan dilakukan dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) sedangkan implementasi pembangunan website dilakukan dengan menggunakan website builder khususnya Content Management System berbasis WordPress. Solusi yang diterapkan adalah penerapan e-commerce dan official website dengan cara menggunakan CMS WordPress dengan domain rapidybordir.co.id, adapun menu yang disediakan mencakup menu home, about us, portfolio, produk dan jasa, add to cart, dan purchase order, sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasaran dan penjualan perusahaan. Pada hasil ujicoba website dengan black box testing menunjukkan bahwa seluruh fitur dapat berjalan dengan baik, sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya e-commerce berbasis website maka pemasaran dapat menjangkau target pasar lebih luas, proses pemesanan dapat lebih efektif dan efisien, serta terjadinya peningkatan brand image dan brand awareness perusahaan Rapidy Bordir.
Keywords
References
M. Nurhayaty, "STRATEGI MIX MARKETING (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, EOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) 7P DI PD RASA GALENDO KABUPATEN CIAMIS," Maria Nurhayaty, 2023.
R. Restuprayogi, "Analisis Pengaruh Traditional Marketing, Relational Marketing, Digital Marketing dan Perceived Marketing Effectiveness terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi," Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Yayasan Keluarga Pahlawan Negara, Yogyakarta, 2023.
R. R. Gumilang, "Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri," Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 10, 2019.
N. H. Istiqomah, "TRANSFORMASI PEMASARAN TRADISIONAL KE E-MARKETING: TINJAUAN LITERATUR TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP DAYA SAING PEMASARAN BISNIS," Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, vol. 4, 2023.
D. W. NUGRAHA, "Digitalisasi UMKM Indonesia Masih Semu," Kompas.id, 25 Januari 2024. [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2024/01/25/mengantisipasi-fenomena-digitalisasi-semu-umkm-nasional?loc=hard_paywall. [Accessed August 2024].
M. Dewi, M. Hubeis and E. Riani, "Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta)," Manajemen IKM, 2020.
B. K. YOGATAMA, "Digitalisasi Bantu UMKM Lewati Masa Sulit saat Pandemi," kompas.id, 2 Maret 2023 . [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/03/02/digitalisasi-bantu-umkm-lewati-pandemi. [Accessed August 2024].
Z. Rahmah, S. Derta, H. A. Musril and R. Okra, "Perancangan Website Eduji Menggunakan CMS Wordpress," Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, vol. 1, pp. 205-218, 2022.
Sukiman, Y. Herdiana and D. S. Saepudin, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Berbasis Web (Di Sandallaku Majalaya)," Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, vol. 5, 2023.
I. P. Kusumawijaya and C. M. Karyati, "PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE FASHION E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0," Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 21, 2016.