Perancangan Ulang Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Dan Program Pengentasan Kemiskinan Di Perkotaan Lanjutan

Ottow Jeffry Simanjuntak
Indonesia

Article Submitted: 04 June 2015

Article Published:

Abstract
Pengelolaan Pengaduan Masyarkat (PPM) merupakan suatu kegiatan menampung,
mencatat, menelaah, menyalurkan, mengkonfirmasikan, mengklarifikasikan,
memberikan alternatif solusi kepada pengadu, mendokumentasikan, dan
mensosialisasikan hasil pengelolaan pengaduan kepada masyarakat. Sistem informasi
PPM sangat dibutuhkan sebagai salah satu alat pengawasan terhadap seluruh
kegiatan siklus program di daerah. Sistem informasi baru yang dibuat harus dapat
mengakomodasi tingginya kebutuhan perubahan yang terjadi dalam hal kategori
maupun cakupan wilayah yang telah dimasukkan ke dalam sistem sejak awal.
Dengan sistem informasi ini semua pihak yang berkepentingan (stakeholders) dengan
program PNPM MPk dapat mendapatkan informasi dan data secara cepat, tepat,
dan akurat serta proses pencatatan data historis pengaduan dapat lebih efektif dan
efisien.
Kata Kunci : SIM Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, PNPM Mandiri Perkotaan,
P2KP Lanjutan, KemenPU

Information
PDF Tweet
357 times PDF : 844 times