Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Bank Mandiri

Faramita Dwitama
http://faramita.staff.gunadarma.ac.id
Program Studi Manajemen Perbankan, Program Magister Manajmen, Universitas Gunadarma
Indonesia

DOI: http://dx.doi.org/10.35760/ik.2014.v19i3.1099

Article Submitted: 04 June 2015

Article Published:

Abstract
Internet Banking sangat bermanfaat dan banyak digunakan oleh nasabah, sehingga
menimbulkan ketertarikan untuk diteliti dengan menggunakan TAM (Perceived Ease
of Use dan Perceived Usefulness) sebagai kerangka teori. Penelitian ini juga
menggunakan factor Awareness dan Perceived Risk. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi internet banking oleh
penggunanya secara khusus untuk nasabah bank Mandiri, selain itu penelitian ini
ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet
banking oleh penggunanya dengan menggunakan Technology Acceptance Model
(TAM) ini untuk memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
minat menggunakan internet banking oleh penggunanya. Dari hasil penelitian
diperoleh bahwa kemudahan penggunaan (Perceived ease of use), manfaat
menggunakan internet banking (Perceived Usefulness) dan resiko negatif
menggunakan internet banking (Perceived Risk) berpengaruh signifikan terhadap
minat untuk menggunakan internet banking pada bank Mandiri
Kata Kunci : TAM, internet banking, kemudahan, resiko, adopsi

Information
PDF
951 times PDF : 2825 times