ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN UMKM MITRA SHOPEFOOD DI JAKARTA SELATAN

Yudha Destianto Dwi Prakoso
Universitas Gunadarma
Indonesia
Asep Juarna
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

UMKM adalah pilar penting perekonomian di Indonesia. Pada tahun 2021 kegiatan bisnis di Indonesia melibatkan 64,2 juta UMKM yang memberikan kontribusi 61,07% terhadap PDB Indonesia, menyerap 97% tenaga kerja nasional, dan menghimpun 60,4% total investasi nasional. Pada sektor bisnis makanan dan minuman (food and beverage, F & B) UMKM bekerja sama dengan penyedia aplikasi pesan-antar produk. Dalam bisnis ini UMKM adalah unit FBP (F & B Product) sementara penyedia aplikasi sebagai unit FBS (F & B service) dan unit FBP menjadi mitra unit FBS. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan UMKM atas aplikasi ShopeeFood di Jakarta Selatan. Dihipotesakan dalam bisnis ini ada satu variabel terikat, yaitu kepuasan mitra, dan empat variable bebas, yaitu faktor aplikasi itu sendiri, faktor brand reliability dari unit FBS, faktor pelayanan unit FBS, dan volume penjualan atau laba unit FBP. Hipotesis ini diuji dengan metode SEM (structural equation modelling) yang diimplementasikan dalam lingkungan program aplikasi SmartPLS (partial least square); hasilnya dari keempat variabel bebas tiga di antaranya berpengaruh terhadap kepuasan mitra sedangkan satu variabel lagi, yaitu volume penjualan atau laba, tidak berpengaruh.

Keywords
Digitalisasi UMKM; literasi digital; SEM; SmartPLS; Customer satisfaction
References

Kementerian Kordinator Bidang Perkantoran, ”UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia,” go.id, May 5, 2021. [Online].Available:https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian. [Accessed Jan. 27, 2023].

M. Junaidi, “UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Maningkat,” dpjb.kemenkeu.go.id, July 15, 2023. [Online].Available:https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html. [Accessed Aug. 15, 2023].

V.D. Devita, “Peta Persaingan E-Commerce Indonesia Q4 2020,” iprice.co.id, Feb. 10, 2021. [Online]. Available:https://iprice.co.id/trend/insights/peta-persaingan-e-commerce-2020/. [Accessed Jan. 27, 2023].

Oktaviana, A.D. Nurhalim, and E. Hernawati. “An Analysis of Go-Food, Grabfood, and Shopeefood Utilization to Improve Customer Loyalty on Home-Based Business Owners in Tangerang City.” PRIMANOMICS: Jurnal Ekonomi & Bisnis, vol. 19 no. 3, September, 2021. [Online serial]. Available:https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/631/350. [Accessed Jan. 27, 2023].

A.K. Wardani, F.R. Reinaldy, I.P. Tyas, ”Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Dengan Menggunakan Jasa ShopeeFood,” LITERASI: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, vol. 2, no. 1, Dec., pp. 163-192, 2021.

Nurbayti, “Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital (Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food di Universitas Amikom Yogyakarta),” Jurnal Komunikasi Masyarakat, dan Keamanan Data, vol. 1, no. 1, March, 2019. [Online].Available:https://ejurnalold.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/236/190. [Accessed Jan. 15, 2023].

Vania and R. Simbolon, “Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan),” EKONOMIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 14, no 2b, Aug., pp. 46-58, 2021.

A. Harahap and D. Amanah, “Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus,” JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, vol. 9, no. 2, Sept., pp. 193-213. 2018.

R. Wicaksono, Teori Dasar Technology Acceptance Model, Malang, Jawa Timur: CV Seribu Bintang, 2022, [E-book]Available: https://www.researchgate.net/publication/369378395_Teori_Dasar_Technology_Acceptance_Model.

M. Momani, S.M.S. Hilles, and M. Jamous, “Technology Acceptance Theories: Review and Classification,” International Journal of Cyber Behavior, Psychologu and Learning, vol. 7, no. 2, April-june 2017, pp. 1-14.

Roubiah, R. Thurasamy, and O. S. May, “User Acceptance of Internet Banking in Malaysia: Test of Three Competing Models,” International Journal of E-Adoption, vol. 1, no. 1, March, 2009. [Online serial]. Available: https://www.researchgate.net/publication/220593918_User_Acceptance_of_Internet_Banking_In_Malaysia_Test_of_Three_Competing_Models. [Accessed Jan. 15, 2023]

Sugiyono, Metoda Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabwta, 2021.

F. Hair et al., Multivariate Data Analysis, Calcuta: Cengage, 2019.

Retnowati, “Reliabilitas Instrumen Penelitian,” July, 2017 [Online]. Available: 8 Reliabilitas3 alhamdulillah.pdf (uny.ac.id). [Accesses Oct, 27, 2022].

Ghozali, Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 untuk Penelitian Empiris, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2021.

Wong, “Mastering Partial Least Suares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS in 38 Hours,” Bloomington: iUniverse, 2019.

Information
PDF
191 times PDF : 127 times