PENGARUH KUALITAS PRODUK, BUDAYA, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT HERBAL

Cindy Adherizkia
Gunadarma University
Indonesia
Ditiya Himawati
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Obat herbal telah lama menjadi bagian penting dalam tradisi pengobatan berbagai budaya di seluruh dunia, termasuk produk herbal G Fit yang diproduksi oleh CV. Uncaria Herbal Indonesia. Penggunaan obat herbal telah mengalami peningkatan signifikan sebagai alternatif terapi kesehatan yang lebih alami dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, budaya, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian obat herbal G Fit di Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Data primer dalam penelitian ini, dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, budaya, promosi dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian obat herbal G Fit CV. Uncaria Herbal Indonesia di Kota Tangerang Selatan. Kepercayaan merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian obat herbal G Fit CV. Uncaria Herbal Indonesia di Kota Tangerang Selatan.

Keywords
Budaya, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi
References

Al Jilli, M. F., & Santoso, E. B. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Merek Jangkrik Mas. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 160-165.

Allen Nnanwuba, A., Ogochukwu Charity, E., & Ojinime Ebelechukwu, O. (2019). Herbal Medicine Broadcast Media Advertisement, Audience Perception and Purchase Decision. IJMCS: International Journal of Marketing and Communication Studies.

Amanda, M. A. & A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran (Cetakan, 1). Yogyakarta:

Anggreini, D., & Suwitho, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(10).

Asman, N. (2021). Studi kelayakan bisnis (Kodri (ed.)). CV. Adanu Abimata.

Cahyaningrum, P. L., & Sudaryati, N. L. G. (2021). Budaya Minum Loloh Sebagai Upaya Meningkatkan Imunitas Tubuh Dimasa Pandemi Covid 19. Widya Kesehatan, 3(2), 18-24. Deepublish.

Dewati, R., & Saputro, W. A. (2020). Persepsi konsumen terhadap pembelian produk herbal di Kabupaten Sukoharjo. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 144-152.

Farhanah, A., & Marzuqi, A. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Herbal Beauty di Kabupaten Sukoharjo. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Humaniora, 3(2), 107-123.

Fatmawati, A., & Ulfa, A. S. M. (2021). Booklet: Obat Herbal Ala Rasulullah SAW Thibbun Nabawi (Prophetic Medicine).

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media.

Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26, Edisi 10, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habib, A., Harahap, M., & Intan, D. R. (2021). Faktor-Faktor Budaya yang Mempengaruhi Masyarakat Kota Medan dalam Mengonsumsi Kunyit di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(2), 148-155.

Hartono, B., & Mukhlisoh, S. N. (2022). Pengaruh Budaya, Sosial, dan Pribadi terhadap Keputusan Pembelian Jamu Tradisional. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis.

Hasanawi, M. T., & Imsyar, S. I. (2022). Pengaruh Promosi, Preferensi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Obat Betadine Solution Pada PT. Dos Ni Roha Kota Bandung. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(6), 973-984.

Hindratno, J., Meitiana, M., & Manurung, Y. (2021). Pengaruh Budaya, Persepsi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Tradisional di UKM Pasar Kahayan Kota Palangka Raya. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Bisnis, Akuntansi.

Ilyas, M., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal HNI di Kota Prabumulih. Media EKONOMI, 6(1), 53-63.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya:Unitomo Press.

Islahiha, N. A., Mulyadi, A., & Lisnawati, S. (2023). Pengaruh Label Halal, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Herbal HNI-HPAI. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 691-706.

Islam, T., Islam, R., Pitafi, A. H., Xiaobei, L., Rehmani, M., Irfan, M., & Mubarak, M. S. (2021). The impact of corporate social responsibility on customer loyalty: The mediating role of corporate reputation, customer satisfaction, and trust. Sustainable Production and Consumption, 25, 123–135.

Istiyani, N., Destyana, B., & Purnomo, F. O. (2022). Harga, Kepercayaan dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Tradisional Pada Masyarakat Rw 05 Di Cawang. Binawan Student Journal, 4(3), 44-49.

Jogiyanto, H. M. (2019). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Erlangga.

Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan.

Komar, K. (2022). Pengaruh Health Consciousness, Product Knowledge dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Tolak Angin di Kabupaten Kebumen).

Kotler, P. (2019). manajemen pemasaran. CV Budi Utama, Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom:Pearson.

Kotler, P., & Keller. (2020). Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Krisna, A., Aditiya, L., Nur, F., & Shodikin, R. (2021). Riset Populer Pemasaran Jilid 1. Media Sains Indonesia.

Kusuma T.M., Wulandari E., Widiyanto T., et al. Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap terhadap kebiasaan konsumsi jamu pada mayarakat Magelang tahun 2019. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia. 2020, 1(2), 37-42.

Laksana, F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Khalifah Mediatama. Depok.

Lauluw, B. R. G., & Andalas, P. R. (2023). Analisis Perseptif Atas Penentu Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Jamu Tolak Angin Sido Munul (Studi Pada Konsumen Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 18(1), 65-77.

Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. MBIA, 22(1), 53-64.

Maesaroh, S., Merdiani, Y. P., & Yubiharto, Y. (2022). Meningkatkan keputusan pembelian melalui citra merek, promosi, persepsi kualitas produk, dan variasi produk. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, (1)1, 740-756.

Mahardika, R., Maduwinarti, A., & Nasution, U. C. M. (2022). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Obat Herbal CV Asgindo Jamu di Jombang. In Seminar Nasional Hasil Skripsi, (1)1, 196-200.

Mubarak, K. (2020). An analysis of factors impacting consumer purchase intention on herbal products. SEUSL Journal of Marketing, (5)1, 2020, 41-52.

Mursidi, A., Zulfahita, Setyowati, R., Wulandari, F., Mertika, Susanto, H., et al. (2020). Buku Ajar Pengantar Kewirausahaan. Jawa Tengah: Lakeisha.

Novita, I., Miftah, H., & Sunaryo, M. A. (2020). Preferensi konsumen dalam pembelian obat herbal kunyit putih. Jurnal Agribisains, 6(2), 81-88.

Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., Sartika, V., Ekonomi, F., & Prima, U. (2019). Jurnal manajemen. 5, 45–52.

Rachbini, W., Hatta, H. I., & Evi, T (2019). Penentu kepercayaan dan pelanggan. 10, 116-127.

Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111-116.

Ristin, L., & Suprapti, I. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Agriscience, 1(1), 39-49.

Santoso, R., Erstiawan, M. S., & Kusworo, A. Y. (2020). Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 133-145.

Sarno, S. (2019). Pemanfaatan Tanaman Obat (Biofarmaka) Sebagai Produk Unggulan Masyarakat Desa Depok Banjarnegara. Abdimas Unwahas, 4(2).

Sary, Y., & Putra, P. F. (2022). Budaya, Persepsi dan Kepercayaan Masyarakat Di Kota Bengkulu Mengenai Penggunaan Obat Herbal. Jurnal Ilmiah Pharmacy.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. 12th Edition. Global Edition: Pearson.

Shalahuddin, L., & Wijayanti, R. (2022). Deskripsi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Terhadap Obat Herbal (Herbal Medicine). Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(4).

Siregar, Y. B. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Herbal Sari Dinda. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 5(2), 236-267.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulaiman, D. H., Taufik, R., & Shadiq, T. F. (2022). Analisis Sertifikasi Halal, Harga, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Halal. Jurnal Pemandhu, 3(2), 45-52.

Tjiptono, F. 2020. Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.2020.pp.21-125

Trisna, D. Y. R., & Suhermin, S. (2022). Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fatigon Promuno. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(11).

Warnadi, &. A. (2019). Manajemen Pemasaran. (Edisi 1). CV Budi Utama.

Wijaya, A. P., & Annisa, I. T. (2020). The influence of brand image, brand trust and product packaging information on purchasing decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(1), 24-35.

Information
Cover Image
PDF
326 times PDF : 234 times