ANALISA SIMPANG TERINTEGRASI PADA JAM SIBUK PAGI (STUDI KASUS PADA SIMPANG CILIBENDE DENGAN SIMPANG LODAYA KOTA BOGOR)

Andi Tenrisukki Tenriajeng
Indonesia
Ariestian Perdana Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja persimpangan terintegrasi. Me to d e
penelitian menggunakan alat bantu programTRANSYT. Data diperolehdengancara
surveylapanganpadahari seninselama2jam dari pukul05.30s/d 07.30 WIBdandidapat
waktupuncakpadapukul06.00s/d 07.00WIB. Dari hasil analisis untuk persimpanganyang
belum dikoordinasikan denganwaktu siklusexisting didapatkan PerformanceIndex(PI) 3167.7
$/huntuksimpangCilibendedanPI 3276.9$/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpangan
yang telahdikoordinasikandanmenggunakanwaktusiklus existing mendapatkan PI 1343.5$/h
untuksimpangCilibende danPI 875.2 $/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpanganyang
telahdikoordinasikandanmenggunakanwaktusiklus180 detikmendapatkanPI1320.7$/huntuk
simpangCilibende danPI 836.6$/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpanganyang telah
dikoordinasikandenganperubahanfasadanwaktu siklusexisting didapat PI 1042$/huntuk
simpang Cilibende danPI 596.3$/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpanganyang telah
dikoordinasikan denganperubahanfasa menggunakan waktu siklus180detik didapatkan PI
961.7$/huntuksimpang Cilibende danPI 503.6$/huntuk simpangLodaya. Bahwa perubahan
fasa danwaktusiklusdapatmengoptimalkankinerja persimpangan dengan perubahanPIsebesar
77.26%dari kondisiexisting.

Information
ABSTRACT Tweet
339 times PDF : 192 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)