ANALISA SIMPANG TERINTEGRASI PADA JAM SIBUK PAGI (STUDI KASUS PADA SIMPANG CILIBENDE DENGAN SIMPANG LODAYA KOTA BOGOR)
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja persimpangan terintegrasi. Me to d e
penelitian menggunakan alat bantu programTRANSYT. Data diperolehdengancara
surveylapanganpadahari seninselama2jam dari pukul05.30s/d 07.30 WIBdandidapat
waktupuncakpadapukul06.00s/d 07.00WIB. Dari hasil analisis untuk persimpanganyang
belum dikoordinasikan denganwaktu siklusexisting didapatkan PerformanceIndex(PI) 3167.7
$/huntuksimpangCilibendedanPI 3276.9$/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpangan
yang telahdikoordinasikandanmenggunakanwaktusiklus existing mendapatkan PI 1343.5$/h
untuksimpangCilibende danPI 875.2 $/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpanganyang
telahdikoordinasikandanmenggunakanwaktusiklus180 detikmendapatkanPI1320.7$/huntuk
simpangCilibende danPI 836.6$/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpanganyang telah
dikoordinasikandenganperubahanfasadanwaktu siklusexisting didapat PI 1042$/huntuk
simpang Cilibende danPI 596.3$/huntuksimpang Lodaya. Untukpersimpanganyang telah
dikoordinasikan denganperubahanfasa menggunakan waktu siklus180detik didapatkan PI
961.7$/huntuksimpang Cilibende danPI 503.6$/huntuk simpangLodaya. Bahwa perubahan
fasa danwaktusiklusdapatmengoptimalkankinerja persimpangan dengan perubahanPIsebesar
77.26%dari kondisiexisting.