KAJIAN KINERJA PELAKSANAAN PEKERJAAN PERKERASAN KAKU (PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT CONCRETE PAVER “WIRTGENT SP 500” DAN DENGAN METODE MANUAL)
Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma
Indonesia
Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma
Abstract
Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) pada ruas
Cikunir – JatiAsih, Bekasi pada struktur utama jalan tersebut menggunakan konstruksi
perkerasan kaku (Rigid Pavement). Dalam pelaksanan pekerjaan perkerasan kaku
menggunakan dua cara yaitu dengan menggunakan alat concrete paver dan dengan
menggunakan metode manual. Penggunaan kedua metode tersebut mempunyai
perbandingan dari segi pelaksanaan pekerjaan, efektifitas waktu, dan efisiensi biaya.
Perhitungan biaya pekerjaan dapat menggunakan analisa B.O.W (Burgerlijke
OpenBare Werken). Dengan menggunakan analisa B.O.W dapat menghitung harga
satuan pekerjaan, dan upah tenaga kerja.Total volume pekerjaan perkerasan kaku
100,039.62 m³. Biaya pekerjaan perkerasan kaku dengan menggunakan alat sebesar
Rp.76,143,993,590 dan biaya dengan menggunakan manual sebesar Rp.74,288,794,390.
Efisiensi biaya dengan menggunakan cara manual sebesar 2,6% terhadap alat,
Efektifitas waktu dengan menggunakan alat sebesar 31,8% terhadap manual.