OPTIMASI GEOMETRI PADA JEMBATAN RANGKA BAJA 60 M TIPE WARREN
Jurusan Teknik Sipil, Universitas Gunadarma
Indonesia
Jurusan Teknik Sipil, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Optimasi perlu dilakukan dalam perencanaan suatu jembatan agar jembatan yang dibangun
tersebut menjadi ekonomis tanpa mengabaikan peraturan-peraturan yang berlaku. Optimasi
dapat dilakukan dengan berbagai macam, salah satunya adalah optimasi geometri dimana
variabel bebas dari optimasi ini adalah letak koordinat titik dan penampang batang.
Jembatan yang dioptimasi dalam penelitian ini adalah Jembatan Rangka Baja tipe Warren
murni dengan panjang 60 m dan lebar 8,7 m. Jembatan Rangka tipe Warren ini merupakan
tipe jembatan rangka baja yang umum digunakan, dimana jembatan ini memiliki tiga
komponen yang saling membentuk segitiga sama sisi. Proses optimasi dilakukan dengan
cara membuat 135 model jembatan dengan variasi tinggi dan panjang spasi agar
didapatkan model jembatan yang paling optimum dimana memiliki berat paling ringan
namun tetap memenuhi persyaratan. Kriteria model jembatan yang digunakan adalah
jembatan dengan tinggi 5 m sampai dengan 7 m dengan diskritisasi tinggi sebesar 0,25 m.
Panjang spasi yang digunakan untuk model dimulai dengan jembatan dengan jumlah 20
span/spasi/segitiga sampai dengan 6 span dengan diskritisasi span sebesar 1 span.
Diskritisasi span terhenti di 9 spasi karena bila jumlah spasi kurang dari 6 span maka
panjang batang rangka akan lebih dari 12 m, dan dalam penelitian ini panjang batang
rangka dibatasi sampai 12 m sesuai dengan panjang baja dipasaran. Pembebanan yang
digunakan adalah beban mati dan beban hidup berdasarkan RSNI T-02-2005. Jembatan
hasil optimasi ini adalah jembatan dengan tinggi 7 m dengan panjang tiap spasi sebesar
8,571 m dengan berat total rangka batang sebesar 27690,814 kg.