WAKTU PELAYANAN KAPAL DAN PRODUKTIFITAS ALAT PADA KEGIATAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUHAN TERMINAL PETIKEMAS (TPK) KOJA
Jurusan Teknik Sipil, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Abstrak
Pelabuhan merupakan salah satu faktor terpenting bagi pemerintah dalam menjalankan
roda perekonomian negara. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh pelabuhan yaitu
terminal peti kemas yang digunakan sebagai tempat keluar masuknya barang khususnya
peti kemas. Analisa kinerja pelayanan bongkar muat peti kemas perlu dilakukan seiring
dengan meningkat arus peti kemas yang ada.Dalam melakukan analisa kinerja bongkar
muat, harus dilakukan perhitungan terhadap waktu bongkar muat, kecepatan bongkar
muat kapal, produktifitas bongkar muat, sedangkan simulasi arus peti kemas berdasarkan
hasi korelasi terdekat antara arus peti kemas dengan variable bebas yang diperoleh dari
analisa regresi pada program SPSS. Total waktu bongkar muat kapal (berth working time)
yaitu 28,32 jam, sedangkan total waktu kapal selama di tambatan (berthing time) 29,32
jam, total waktu selama di pelabuhan yaitu 30,32 jam sehingga kecepatan bongkar muat
kapal di tambatan yaitu 1.158,19 ton/jam dengan througput rata-rata per 24 jam yaitu 927
box. Produktifitas alat bongkar muat yaitu 647,70 ton/jam/unit untuk CC, 431,80
ton/jam/unit untuk RTG, dan 129,54 ton/jam/unit untuk head truck. Rata-rata kunjungan
kapal yaitu 1,56 kapal/hari.