ANALIS PENGARUH PERTUMBUHAN KENDARAAN DENGAN TINGKAT POLUSI UDARA STUDI KASUS DKI JAKARTA

Doddy Ari Suryanto
Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Abstrak


Peningkatan kebutuhan akan moda transportasi baik transportasi barang dan atau
transportasi penumpang berakibat pada peningkatan produksi kendaraan bermotor.
Dampak dari meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor tersebut terhadap kualitas
udara menempati posisi pertama dalam urutan penyebab polusi udara terutama di
Jakarta. Oleh karena itu, dalam tulisan ini peneliti membuat model pencemaran udara
akibat peningkatan beberapa jenis moda, antara lain sepeda motor, mobil penumpang,
mobil bis dan mobil barang yang berdampak terhadap peningkatan produksi polutan,
seperti CO (Karbon monoksida), HC (Hidrokarbon), dan NO (Natrium Monoksida),
sehingga dapat diketahui seberapa besar dampak yang diakibatkan oleh perubahan
moda terhadap polutan tersebut dan model konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak)
akibat perubahan jumlah moda. Metode yang digunakan adalah metode statistik regresi
linier berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat, yaitu tingkat
polutan dan variabel bebas, yaitu jumlah masing-masing jenis kendaraan bermotor.
Hasil dari penelitan ini, adalah: (1) model untuk Tingkat polutan HC adalah y=-
48170+0,02X1+0,5X3+0,1X4, (2) model untuk Tingkat polutan CO adalah
y=267003+1,18X1-0,58X3+0,5X4, dan (3)model untuk Tingkat Polutan NO adalah
y=11043+0,05X1-0,03X3+0,03X4. Sedangkan untuk model konsumsi BBM adalah (1)
model konsumsi solar adalah y=-413731-0,2X2+1,5X3+1,4X4 (2) model konsumsi
premium adalah y=-759700-2,7X2+4,85X2+3,4X4.


Abstract


Increased demand for both modes of transport and freight transport or passenger
transport resulting in increased production of motor vehicles. The impact of the
increasing use of motor vehicles on air quality in first place in the order of the causes of
air pollution, especially in Jakarta. Therefore, in this paper researchers create model of
air pollution due to increase in several types of modes, including motorcycles, passenger
cars, buses and car goods cars that have an impact on the increased production of
pollutants, such as CO (carbon monoxide), HC (Hydrocarbons), and NO (Sodium
Monoxide), so that can know how big the impact caused by changes in the modes of the
model pollutants and fuel consumption (fuel oil) due to changes in the number of modes.
The method used is a statistical method of multiple linear regression to determine the
relationship between the dependent variable, namely the level of pollutants and the
independent variables, namely the number of each type of motor vehicle. The results of
this research are: (1) model for the level of pollutants HC is y=-
48170+0,02X1+0,5X3+0,1X4, (2) a model for CO pollutant levels are
y=267003+1,18X1-0,58X3+0,5X4, and (3) model for the level of pollutant NO is
y=11043+0,05X1-0,03X3+0,03X4 As for fuel consumption models are (1) model diesel
consumption is y=-413731-0,2X2+1,5X3+1,4X4 (2) is a premium consumer models y=-
759700-2,7X2+4,85X2+3,4X4

Information
ABSTRACT Tweet
1146 times PDF : 689 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)