APLIKASI KLASIFIKASI TANAH SISTEM USCS MENGGUNAKAN EXPERT SYSTEM
Abstract
Ketika seorang geoteknik melakukan klasifikasi tanah, beberapa parameter tanah dibutuhkan
untuk sampai pada suatu informasi mengenai jenis tanah tersebut. Parameterparameter
ini didapat dari beberapa uji laboratorium yang berada pada kelompok uji
indeks properties. Masalah yang timbul adalah literatur-literatur berupa tabel-tabel dan
rumus-rumus yang digunakan agak banyak, sehingga kadang pengambilan keputusan
mengenai suatu jenis tanah cukup memakan waktu. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah
suatu sistem pakar untuk mengklasifikasikan jenis tanah berdasarkan parameterparameter
tanah yang dibutuhkan. Sistem ini mengumpulkan informasi-informasi dari
geoteknik yang akan membantu mempercepat proses pengklasifikasian tanah. Oleh karena
itu, tujuan penelitian ini adalah apakah dengan Aplikasi Klasifikasi Tanah Sistem
USCS (United Soiled Classification System) ini, dapat dipergunakan untuk mengindentifikasikan
jenis-jenis tanah. Metode yang dipergunakan dengan memasukkan input
berupa parameter-parameter tanah yang datanya diperoleh dari hasil penyelidikan tanah
di laboratorium. Dalam aplikasi ini menggunakan tujuh (7) parameter input tanah.
Produk yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi ini akan mempercepat proses pengidentifikasian
jenis tanah.
Abstract
The comfortness and smoothness on the road have become priority to most drivers. One
of the factors that reduce the comfortness and smoothness is the damage on the road
surface. Therefore the renovation of the road is needed. Another factor that may appear is
the limited fund from the government. This bring into the problem that not all the road
can be renovated. The main problem is that the renovation is not conducted into the the
road that really needs renovation, To overcome this problem, it needs right a decision to
determine which road needs renovation Instead of knowing the value of the damage,
another factor that holds a very important role in determining the renovation priority is
the Surface Index. So that this research aims at determining the the roadwork priority
towrad tempered condition of asphalt-pavement based on surface-index values. This
survey is done to get the data on the road damage. The data gained is then to be analyzed
based on the Surface Index (IP). The product of this reserach is the detremination of the
road that will be renovated.