PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAUNTUK KONDISI PERKERASAN JALAN BERASPAL BERDASARKAN NILAI INDEKS PERMUKAAN (IP) STUDI KASUS : RUAS JALAN JAYAPURA – SENTANI
Abstract
Kenyamanan dan kelancaran berkendaraan di jalan raya merupakan tuntutan dari
pengguna jalan. Salah satu faktor pereduksi kenyamanan dan kelancaran tersebut adalah
kerusakan pada permukaan jalan. Untuk tercapainya kenyamanan dan kelancaran di dalam
berkendaraan di jalan raya, perlu dilakukan perbaika jalan. Kendala yang sering
ditemui adalah masih terbatasnya dana yang dimiliki Pemerintah, sehingga tidak semua
jalan dapat dilakukan perbaikan. Dan yang menjadi masalah lainnya, jalan yang
diperbaiki ternyata bukan merupakan jalan yang prioritas untuk diperbaiki.Sehingga
keputusan yang dibuat tidak tepat sasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan
prioritas perbaikan jalan. Selain harus diketahuinya nilai kerusakan jalan itu sendiri,
faktor lain yang ikut memegang peranan penting di dalam menentukan prioritas perbaikan
jalan adalah dengan Indeks Permukaan (IP). Sehingga penelitian ini bertujuan
untuk menentukan prioritas perbaikan jalan untuk kondisi perkerasan jalan beraspal
berdasarkan nilai Indeks Permukaan. Survey dilakukan untuk mendapatkan data kerusakan
jalan, data dianalisis berdasarkan nilai Indeks Permukaan (IP) dan akan diperoleh
ruas jalan mana yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Produk yang diharapkan
dapat ditentukan dengan tepat ruas jalan yang harus diperbaiki.
Abstract
The comfortness and smoothness on the road have become priority to most drivers. One
of the factors that reduce the comfortness and smoothness is the damage on the road
surface. Therefore the renovation of the road is needed. Another factor that may appear is
the limited fund from the government. This bring into the problem that not all the road
can be renovated. The main problem is that the renovation is not conducted into the the
road that really needs renovation, To overcome this problem, it needs right a decision to
determine which road needs renovation Instead of knowing the value of the damage,
another factor that holds a very important role in determining the renovation priority is
the Surface Index. So that this research aims at determining the the roadwork priority
towrad tempered condition of asphalt-pavement based on surface-index values. This
survey is done to get the data on the road damage. The data gained is then to be analyzed
based on the Surface Index (IP). The product of this reserach is the detremination of the
road that will be renovated.