DAMPAK URBAN SPRAWL PADA KOTA-KOTA MENUJU KOTA METROPOLITAN TERHADAP PEMILIHAN MODA TRANPORTASI (STUDI KASUS: SEMARANG METROPOLITAN )

Ismiyati Ismiyati
http://www.gunadarma.ac.id
Gunadarma University
Indonesia
Sugiono Soetomo
http://www.gunadarma.ac.id
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Studi ini akan menggambarkan dampak urban sprawl yaitu perkembangan tak terkendali
secara horizontal kearah pinggiran kota terhadap ketidak efisiennya mobilitas yang akan
mempengaruhi pemilihan moda transportasi. Urban sprawl berdampak pada tidak effisiennya
pengaturan sistem transportasi perkotaan, karena selain tidak tertatanya permukiman
akibat kurang kontrolnya pemanfaatan ruang juga terjadinya pengelompokan atau
perbedaan strata sosio-ekonomi yang akan berdampak semakin kompleknya permasalahan
mobilitas (pergerakan) penduduk. Kondisi demikian akan berpengaruh terhadap
pemilihan moda transportasi yang berpihak pada pemilihan moda pribadi.
Mobilitas merupakan suatu permasalahan transportasi perkotaan yang sangat pelik dan
perlu penanganan yang serius. Tujuan dari studi ini untuk mengidentifikasi faktorpertumbuhan
yang tidak terkendali kearah pinggiran kota dan faktor-faktor yang yang
mempengaruhi permasalahan transportasi yaitu pemilihan moda transportasi. Studi ini
menggunakan pendekatan spasial (ruang) yaitu suatu pendekatan yang mempelajari hubungan
interaksi antara manusia dan lingkungannya. Untuk itu metode penelitian dengan
metode deskriftif kualitatif-kuantitatif yaitu suatu metode dengan teknik wawan-cara
rumah tangga secara random proposional pada rumah tangga yang berbeda status sosial
ekonominya pada wilayah yang terkena proses urban. Adapun teknik analisisnya dengan
menggunakan Crosstabulation untuk menggambarkan faktor-faktor yang mem-pengaruhi
perkembangan kota dan pemilihan moda transportasi. Hasil dari studi ini bertujuan
untuk merekomendasikan penanganan problem transportasi perkotaan pada
perkembangan kota-kota menuju kota Metropolitan.


Abstract
This study will describe influence of growth of urban uncontrollably toward outside or
which is often referred as by urban sprawl to moda choce. Growth of town into metropolitan
area need careful because besides affecting social segregasi also cause not
effisient mobility of suburban, because journey become long distance is resident activity
still concentration at downtown (core city) and also the happening of integration of each
town also will complicate arrangement of urban transportation system. Purpose of this
research is to identify factors growth of urban uncontrollably toward outside its influence
urban sprawl to moda choce with a view to recommend handling of problems of transportation
at metropolitan area. Approach method with approach of spasial pursuant to
understanding of human being interaction with urban environment that is by studying
dynamics friction of resident in taking choice suburban residence and its mobility choice
that is choice of moda transportation. Method acquirement of data by using technique
method interview household by random proposional pursuant to strata of sosio-economi
at region of suburban. Technique analyse by using analysis of crosstabulation statistic
with test of significan to describe factors influencing growth of urban and its influence to
moda choice. Result of from this research describe that growth of town toward town
boundary of Semarang unegual and its surroundings its speed at some district exist in
study region. As for factors influencing growth of town besides aksessibilitas there is
social factor in the form of change of life style toward requirement of settlement with
balmy environment and requirement of transportation. Result of from this study is]
expected useful for the day-dream of problems of urban transportation by integrating
between operation of policy of settlement of settlement environment and policy of
operation of transportation system at natural towns of metropolitan area.

Information
Abstract Tweet
2221 times PDF : 642 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)