BIOFILIA SEBAGAI KONSEP LINGKUNGAN BELAJAR PADA SMPN 3 DEPOK

Agus Dharma Tohjiwa
Program Studi Teknik Arsitektur, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
SMP Negeri 3 Depok merupakan salah satu sekolah di Kota Depok yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 untuk menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini mengembangkan mata pelajaran integrative science sebagai pendidikan berorientasi aplikatif dan membangun sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam. Sebagai usaha untuk mewujudkan kurikulum tersebut, konsep Biofilia diharapkan dapat membantu melalui pengaplikasian unsur-unsur alam di lingkungan SMP Negeri 3 Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan konsep Biofilia pada SMP Negeri 3 Depok. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif tentang Biofilia dan atribut desainnya, hubungan langsung dengan alam, hubungan tidak langsung dengan alam, dan analisis penerapan konsep Biofilia pada SMP Negeri 3 Depok itu sendiri. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa SMP Negeri 3 Depok sudah menerapkan konsep Biofilia pada bangunan dan lingkungannya namun belum sepenuhnya karena ada beberapa atribut desain yang belum ada atau belum memadai.
Keywords
Atribut Desain; Biofilia; Konsep; SMP Negeri 3 Depok
References

Avriandy, Ryan. (2014). Biofilia: Hubungan Kita dengan Alam. https://www.kompasiana.com/www.trafalgarx.com/54f600faa333117d028b47ce/biofilia-hubungan-kita-dengan-alam [diakses 15/07/2019].

Jordan, Nadia Almira. dkk. (2013) Elemen Fasad Ruang Pembelajaran SMK Pertanian Malang dengan Konsep Agritecture. Universitas Brawijaya.

Kellert, Stephen R. and Calabrese, Elizabeth F. (2015) The Practice of Biophilic Design. www.biophilic-design.com.

Pants, Peter. (2017). Arti Kata “Bio” Makna Pengertian dan Definisi.

https://artikbbi.com/bio/ [diakses 15/07/2019].

Sulaiman, Abdu. (2015). Macam-macam Teknik Analisis Data.

http://abdusulaiman.blogspot.com/2015/12/macam-macam-teknik-analisis-data.html [diakses 29/07/2019].

Sumartono. (2015) Prinsip-prinsip Desain Biofilik. Program Studi Desain Produk ISI Yogyakarta, p.15.

Suryani, Nunuk dan Leo Agung S. (2012) Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Ombak. Yogyakarta.

Web Urbanist. (2019). Vernacular Void: Wood Walls Warm Negative Space in Gray Brick Home.

https://weburbanist.com/2018/03/10/vernacular-void-wood-walls-warm-negative-space-in-gray-brick-home/ [diakses 31/07/2019].

Wikipedia. (2018). Filia. https://id.wikipedia.org/wiki/Filia [diakses 15/07/2019].

Wikipedia. (2019). SMP Negeri 3 Depok. https://id.wikipedia.org/wiki/SMP_Negeri_3_Depok [diakses 29/07/2019].

Information
PDF
736 times PDF : 547 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)