PENGARUH DESAIN FASILITAS DRIVE-THRU PADA JOKOPI - MERR TERHADAP PENGALAMAN PENGUNJUNG

Sofie Bella Rafelina
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Indonesia
Susy Budi Astuti
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Indonesia

Abstract

Kebiasaan  minum  kopi  kini telah menjadi fenomena pada masyarakat Indonesia. kebiasaan ini tidak hanya dapat melepas penat dan dahaga, namun juga sebagai pendamping dalam kegiatan sosial seperti rapat,  bisnis,  kencan,  belajar,  dan  sebagainya.  Karena  meningkatnya  konsumen  penikmat  kopi, membuat  adanya  persaingan  bisnis  kedai  kopi dalam menciptakan inovasi. Jokopi - MERR berhasil menghadirkan  inovasi  dan  menjadi  satu-satunya  kedai  kopi  yang  menyediakan  layanan  drive-thru pada  jalan  MERR.  Karena  terletak  pada  jalan  MERR  yang  memiliki  tingkat  kepadatan  tinggi, drive-thru  dapat  menjadi  opsi  tercepat  dalam  mendapatkan  kopi  untuk  dinikmati.  Maka,  Jokopi  - MERR  dipilih  oleh  penulis  sebagai  objek  penelitian. Teknis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan melakukan observasi di lapangan untuk memperoleh data dan membandingkan dengan standar yang telah ada dan menggunakan metode Kuesioner CSAT yang bertujuan untuk mendukung penilaian  observasi.  Observasi  fokus  pada  dua  kategori  yaitu  Customer  experience  dan  durasi  dari kecepatan   drive-thru.   Dari   observasi   tersebut,   penulis   mendapatkan   hasil   bahwa   drive-thru Jokopi-MERR dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung karena sudah sesuai dengan standar

Keywords
Jokopi - MERR, Pengalaman Pengunjung, Drive-Thru
References

Maulida, N. S., & Agustina, T. (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PRODUK KOPI ROBUSTA ORGANIK KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BUAH KETAKASI DI KABUPATEN JEMBER. MEDIAGRO, 18(2).

Foithong, N. (2020). Coffee consumption behavior and SWOT analysis: a coffee shop in Hat Yai.

Dira, A. (2016). Dampak Pembangunan Jalan MERR IIC-Gunung Anyar Terhadap Perkembangan

Harga Lahan. Program Magister Jurusan Arsitektur ITS Surabaya.

Sumaryoto, S. (2018). Dampak keberadaan jalan tol terhadap kondisi fisik, sosial, dan ekonomi lingkungannya. Journal of Rural and Development, 1(2).

Theresia, M. C. A., Kusumaningrum, D., Sekartadji, R., & Agung, D. (2022). U-Turn Analysis on Road Performance by Dr. Ir. H. Soekarno Merr (Case Study: West and East Side U-Turn). Journal of Civil Engineering, Planning and Design, 1(2), 99-103.

Nastiti, B. K. (2021, February). Peran Sistem Signage pada Elemen Interior Bandar Undara

Internasional Husein Sastranegara. In Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS) (Vol.

, No. 1, pp. 55-62).

Clarissa, A., & Gunagama, M. G. (2020). EVALUASI WARNA SIGNAGE TERHADAP VISIBILITASNYA PADA MALL DI YOGYAKARTA.

RAMADIA, D., Zubaidah, M. S., & San Ahdi, M. S. (2017). Perancangan Komunikasi Visual Sign

System Semen Padang Hospital. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2).

Safrina, I., Fahrizal, E., & Saputra, E. (2023). Pola Sirkulasi Ruang Luar Pasar Tradisional Keude Krueng Geukueh di kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. PROSIDING TEMU ILMIAH, 11(1), C009-C016.

Ching, F. D. (1985). Arsitektur: bentuk, ruang dan susunannya. Erlangga.

Linarto, E. L. (2021). Panti Werdha di Semarang dengan Pendekatan Placemaking (Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).

Dirjen Perhubungan Darat, D. P. (1998). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Direktorat

Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta. Irawan, F., Nananda, N. D., Hafizky, I., & Cahyani, R. (2024). Analisis Pengaruh Layanan Drive Thru

terhadap Kepuasan Konsumen Makanan Cepat Saji di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai,

(1), 1773-1776.

Ulhak, Z. (2018). ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA SAMSAT DRIVE THRU SAPE BIMA. Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 15(3).

Hanafi, M. H., Haikal, M. H., Maharani, R. T., & Zakariya, A. F. (2023). ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF SUSTAINABLE DESIGN DEVELOPMENT AT JOKOPI COFFEE SHOP MERR SURABAYA. ADBE, 3(1), 16-25.

Aziz, Z. A. (2022). Pengaruh fasilitas dan pengalaman pengunjung terhadap loyalitas pengunjung yang dimediasi oleh kepuasan pengunjung (Survey pada pengunjung wisata umbul ponggok klaten). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 17(2), 8-18.

Rahmawati, N., Ramdan, A. M., & Samsudin, A. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 109-119.

Information
PDF
32 times PDF : 7 times
Article Tools



Email the author (##plugins.block.readingTools.loginRequired##)