PENGARUH DESAIN FASILITAS DRIVE-THRU PADA JOKOPI - MERR TERHADAP PENGALAMAN PENGUNJUNG
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Indonesia
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Indonesia
Abstract
Kebiasaan minum kopi kini telah menjadi fenomena pada masyarakat Indonesia. kebiasaan ini tidak hanya dapat melepas penat dan dahaga, namun juga sebagai pendamping dalam kegiatan sosial seperti rapat, bisnis, kencan, belajar, dan sebagainya. Karena meningkatnya konsumen penikmat kopi, membuat adanya persaingan bisnis kedai kopi dalam menciptakan inovasi. Jokopi - MERR berhasil menghadirkan inovasi dan menjadi satu-satunya kedai kopi yang menyediakan layanan drive-thru pada jalan MERR. Karena terletak pada jalan MERR yang memiliki tingkat kepadatan tinggi, drive-thru dapat menjadi opsi tercepat dalam mendapatkan kopi untuk dinikmati. Maka, Jokopi - MERR dipilih oleh penulis sebagai objek penelitian. Teknis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan melakukan observasi di lapangan untuk memperoleh data dan membandingkan dengan standar yang telah ada dan menggunakan metode Kuesioner CSAT yang bertujuan untuk mendukung penilaian observasi. Observasi fokus pada dua kategori yaitu Customer experience dan durasi dari kecepatan drive-thru. Dari observasi tersebut, penulis mendapatkan hasil bahwa drive-thru Jokopi-MERR dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung karena sudah sesuai dengan standar
Keywords
References
Maulida, N. S., & Agustina, T. (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PRODUK KOPI ROBUSTA ORGANIK KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BUAH KETAKASI DI KABUPATEN JEMBER. MEDIAGRO, 18(2).
Foithong, N. (2020). Coffee consumption behavior and SWOT analysis: a coffee shop in Hat Yai.
Dira, A. (2016). Dampak Pembangunan Jalan MERR IIC-Gunung Anyar Terhadap Perkembangan
Harga Lahan. Program Magister Jurusan Arsitektur ITS Surabaya.
Sumaryoto, S. (2018). Dampak keberadaan jalan tol terhadap kondisi fisik, sosial, dan ekonomi lingkungannya. Journal of Rural and Development, 1(2).
Theresia, M. C. A., Kusumaningrum, D., Sekartadji, R., & Agung, D. (2022). U-Turn Analysis on Road Performance by Dr. Ir. H. Soekarno Merr (Case Study: West and East Side U-Turn). Journal of Civil Engineering, Planning and Design, 1(2), 99-103.
Nastiti, B. K. (2021, February). Peran Sistem Signage pada Elemen Interior Bandar Undara
Internasional Husein Sastranegara. In Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS) (Vol.
, No. 1, pp. 55-62).
Clarissa, A., & Gunagama, M. G. (2020). EVALUASI WARNA SIGNAGE TERHADAP VISIBILITASNYA PADA MALL DI YOGYAKARTA.
RAMADIA, D., Zubaidah, M. S., & San Ahdi, M. S. (2017). Perancangan Komunikasi Visual Sign
System Semen Padang Hospital. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2).
Safrina, I., Fahrizal, E., & Saputra, E. (2023). Pola Sirkulasi Ruang Luar Pasar Tradisional Keude Krueng Geukueh di kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. PROSIDING TEMU ILMIAH, 11(1), C009-C016.
Ching, F. D. (1985). Arsitektur: bentuk, ruang dan susunannya. Erlangga.
Linarto, E. L. (2021). Panti Werdha di Semarang dengan Pendekatan Placemaking (Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).
Dirjen Perhubungan Darat, D. P. (1998). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Direktorat
Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta. Irawan, F., Nananda, N. D., Hafizky, I., & Cahyani, R. (2024). Analisis Pengaruh Layanan Drive Thru
terhadap Kepuasan Konsumen Makanan Cepat Saji di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai,
(1), 1773-1776.
Ulhak, Z. (2018). ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA SAMSAT DRIVE THRU SAPE BIMA. Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 15(3).
Hanafi, M. H., Haikal, M. H., Maharani, R. T., & Zakariya, A. F. (2023). ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF SUSTAINABLE DESIGN DEVELOPMENT AT JOKOPI COFFEE SHOP MERR SURABAYA. ADBE, 3(1), 16-25.
Aziz, Z. A. (2022). Pengaruh fasilitas dan pengalaman pengunjung terhadap loyalitas pengunjung yang dimediasi oleh kepuasan pengunjung (Survey pada pengunjung wisata umbul ponggok klaten). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 17(2), 8-18.
Rahmawati, N., Ramdan, A. M., & Samsudin, A. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 109-119.
Article Tools
