Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian pada Shopee Live.

Nur Aini
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sulastri -
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Teknologi di Indonesia mengalami kemajuan yang cepat, termasuk adanya toko belanja online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, promosi, persepsi harga, dan kualitas produk secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian pada shopee live. Metode penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan penyebaran kuesioner sebanyak 130 responden secara online dengan uji sampel awal sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua nilai koefisien regresi linier berganda adalah positif, hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang searah variabel independen dengan dependen. Hasil uji f menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji ini menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan, Promosi, dan Kualitas Produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, tetapi variabel persepsi harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah variabel kualitas produk. Model regresi pada penelitian ini layak dan cukup baik dalam memprediksi keputusan pembelian pada shopee live
Keywords
Kepercayaan; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Persepsi Harga; Promosi
References

Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Bakti, M. J., & Sari, D. E. (2024). The Effect of Live Streaming, Promotions, and Viral Marketing on Shopee Purchasing Decisions among College Students. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 7(1), 1887-1906.

Blessa, V. A., & Indriani, F. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keterlibatan Konsumen, Dan Kualitas Produk Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Shopee Live (Studi Pada Pengguna Platform Shopee Live). Diponegoro Journal of Management, 11(1).

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211-224.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15-30

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.

Estikowati, E., Alvianna, S., Patalo,R. G., & Hidayatullah, S. (2022). Influence of Product Quality, Price and Promotion on Purchase Decisions on the Marketplace Shopee. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 5(4), 114-118.

Khalik, I. (2022). Penetapan Atribut Produk dan Harga Terhadap Penciptaan Nilai Serta Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran. Penerbit Insania.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2020). Manajemen Pemasaran, Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2021). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.

Rambe, A. I. S., Rahma, T. I. F., & Syarvina, W. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Kue Dapur Daya Tanjungbalai. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 2(2), 145-163.

Ridwan, M., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). How Trust And Quality Of Information Affect Buying Interest And Purchasing Decisions? (study on Shopee customers in Samarinda).

International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(01).

Simangunsong, R. (2021). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E- Commerce Shopee Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 131-149.

Sukmawati, B. S. N., & Setiawati, C.I. (2021). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace Shopee. eProceedings of Management, 8(4).

Sungkawati, E., Meliantari, D., Egim, A. S., & Mulyana, M. (2022). Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar).

Tjiptono, Fandy. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. 2020.pp.21-125

Information
Abstract views: 95 times
Download PDF: 25 times
Article Tools