KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA PADA TENAGA PENDIDIK: STUDI META-ANALISIS

Nurul Huda
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dian Kemala Putri
Universitas Gunadarma
Indonesia
Djamaludin Ancok
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Beberapa penelitian yang telah dipublikasikan sebelumnya telah menunjukkan korelasi antara kecerdasan emosional dan kepuasan kerja pada tenaga pendidik. Namun, belum ada penelitian yang mengungkapkan seberapa besar nilai true r dan size effect dari korelasi kedua variabel tersebut pada tenaga pendidik. Meta-analisis ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kecerdasan emosional dengan menggunakan effect size. Total sampel penelitian ini adalah 6456 orang dari 14 studi yang dianggap memenuhi syarat. Temuan dari meta-analisis ini menunjukkan bahwa efek acak menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki korelasi positif signifikan dengan kepuasan kerja pada tenaga pendidik dengan level (z= 5.995; p < .01; 95% CI [0.222; 0.437]) dengan nilai hubungan antara kecerdasan emosional dan kepuasan kerja yaitu r = 0.329. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memberikan efek yang cukup signifikan dalam mempengaruhi kepuasan kerja pada tenaga pendidik

Keywords
tenaga pendidik; kepuasan kerja; kecerdasan emosional; meta-analisis
References

Akhtar, Z., Khan, A.D. (2019). Relationship between emotional intelligence and job satisfaction of university teachers. Journal of Educational Research, Dept. of Education, IUB, Pakistan, 22 (1), 17-28.

D’Amico, A, Geraci, A., & Tarantino, C. (2020). The relationship between perceived emotional intelligence, work engagement, job satisfaction, and burnout in Italian School Teachers: An exploratory study. Psychological Topics, 29 (1), 63-84.

Dey, B.K., Rahman, A., & Akther, Y. (2013). Teacher’s self-esteem and job satisfaction: Pilot study in Chittagong region. The Chittagong University J. of Biological Science 8(1&2), 99-105

Ealias, A., George, J. (2012). Emotional intelligence and job satisfaction: A correlational study. The International Journal’s: Research Journal of Commerce & Behavioural Science, 01 (04), 37-42.

Efendi., Harini, S., Simatupang, S., Silalahi, M., & Sudirman, A. (2021). Can job satisfaction mediate the relationship between emotional intelligence and spiritual intelligence on teacher performance? Journal of Educational Research and Evaluation, 5 (1), 136-147.

Goleman, D. (1998). What makes a leader? Harvard Business Review, 76 (6), 93-102.

Goleman, D. (2003). Emotional intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hartini, H., Normiyati, N., C., & Wardhana., A. (2022). Kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, dan self-esteem serta pengaruhnya terhadap kepuasan kerja guru. Jurnal Manajemen (edisi elektronik), 13 (2), 150-164. http://dx.doi.org/10.32832/jm-uika. v13i2.5625

Holis, M. N., Komariayah, S., & Purbangkoro, M. (2017). Pengaruh tingkat kecerdasan emosional dan karakteristik individu terhadap kinerja melalui kepuasan kerja guru SMA Negeri 1 Rogojampi. Jurnal Penelitian IPTEKS, 1–13.

Kassim, S.I., Bambale, A.J. (2016). Emotional intelligence and job satisfaction among lecturers of universities in Kano State: Empirical evidence. Journal of Education and Practice, 7 (10), 53-59.

Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2001). Practical meta-analysis. Thousand Oaks: CA: Sage.

Long, C.S., Yacob, M., & Chuen, T.W. (2016). The impact of emotional intelligence and job satisfaction among teachers. International Journal of Management, Accounting and Economics, 3 (8), 544-552.

Luthans, Fred. (2006). Perilaku organisasi: Edisi kesepuluh. Diterjemahkan oleh: Vivin Andhika Yuwono; Shekar Purwanti; Theresia Arie P; Winong Rosari. Andi: Yogyakarta

Mohammad, J., Hock, O.Y., Karim, A.M., & Hossain, M.I. (2020). Assessing the impact of emotional intelligence on job satisfaction among private school teachers of Hyderabad, India. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24 (04), 5035=5045.

Mukhtar, Hapzi Ali, & Rusmini. (2017). Kepuasan kerja guru. Jambi: Pusaka.

Konradus, N., Harsanti, I. (2015). Peranan kecerdasan emosi da kesejahteraan psikologis terhadap kepuasan kerja guru pada sebuah Yayasan Pendidikan Islam di Bekasi.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffman, T.C…., & Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, 372, n71. http://dx.doi.org/10.1136/bmj.n71

Pangarso, Astadi., Ramadhyanti, Vidi. (2015). Pengaruh lingkungan kerja non fisik terhadap kepuasan kerja dosen studi tetap pada Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Bandung. Kinerja, 19 (1), 172-191

Pasaribu, E.S. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional, kemampuan kognitif, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Pematang Siantar Sumatera Utara. Disertasi. Pasca Sarjana Program Doktor Universitas Negeri Medan.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom., Djidu, H., & Anazifa, R.D. (2018). Pengantar analisis meta. Yogyakarta: Parama Publishing

Rogowska, A.M., Meres, H. (2022). The mediating role of job satisfaction in the relationship between emotional intelligence and life satisfaction among teachers during the covid-19 pandemic. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 12, 666-676.

Suleman, Q., Syed, M.A., Mahmood, Z., & Hussain, I. (2020). Correlating emotional intelligence with job satisfaction: Evidence from a cross-sectional study among secondary school heads in Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Frontiers in Psychology: Original Research, 11 (240), 1-14.

Tabatabaei, S.O., Farazmehr, Z. (2015). The relationship between emotional intelligence and Iranian language institute teachers’ job satisfaction. Theory and Practice Studies, 5 (1), 184-195.

Toprak, M., Savas, A.C. (2020). School headmasters’ emotional intelligence and teacher’s job satisfaction: Moderation effect of emotional labor. New Horizons in Adult Education & Human Resource Development, 32 (2), 4-18.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, E. (2018). Hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kecerdasan emosional dengan kepuasan kerja guru. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2), 211-226.

*Wong, Chi-Sum., Wong, Ping-Man., & Peng, K.Z. (2010). Effect of middle-level leader and teacher emotional intelligence on school teachers’ job satisfaction: The case of Hong Kong. Educational Management Administration & Leadership, 38 (1), 59-70.

Information
PDF
314 times PDF : 223 times
Article Tools