PROGRAM ABDIMAS UNTUK KESEHATAN MENTAL SANTRI PUTRA DI PESANTREN X: INTERVENSI MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

Praesti Sedjo
Universitas Gunadarma
Indonesia
Alia Rizki Fauziah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Quroyzhin Kartika Rini
Universitas Gunadarma
Indonesia
Wardalisa Wardalisa
Universitas Gunadarma
Indonesia
Kenes Pranandari
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Kesehatan mental santri menjadi aspek penting dalam mendukung keberhasilan pendidikan di pesantren. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengintervensi permasalahan psikologis yang dialami santri putra kelas 8 dan 9 di pesantren X daerah Cibinong. Sebanyak 37 santri disaring menggunakan alat ukur Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), dengan hasil 12 santri teridentifikasi memiliki permasalahan dalam aspek emosi, perilaku, atau relasi sosial. Intervensi dilakukan melalui pendekatan Focus Group Discussion (FGD) dengan teknik fasilitasi empatik dan berbasis kekuatan (strength-based approach). Hasil FGD menunjukkan bahwa santri menghadapi tantangan dalam regulasi emosi, interaksi sosial, serta tekanan akademik dan spiritual. Program ini menunjukkan potensi untuk dilanjutkan ke sesi konseling kelompok dan mentoring.
Keywords
SDQ, Emosi Remaja, FGD, Pesantren, Intervensi Psikologis.
References

Goodman, R. (1997). The Strengths and Difficulties Questionnaire: A research note. Journal of Child Psychology and Psychiatry.

Irwanto. (2006). Focused Group Discussion (FGD): Sebuah pengantar praktis. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Misbahudin, & Munawaroh, H. (2024). Analisis pengaruh tekanan psikologis dan beban tugas terhadap kesejahteraan mental santri: Studi kasus. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(4), 331-335.

Rahman, F. (2021). Psikologi Remaja di Lingkungan Pesantren. Jurnal Psikoedukatif.

Yusuf, A. M. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

World Health Organization. (2024). Mental health of adolescents. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health.

Zimmermann, M. A. (2000). Empowerment theory. Handbook of community psychology, 43-63.

Information
PDF
197 times PDF : 38 times
Article Tools