PELAKSANAAN KEGIATAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UMKMDALAM PENGEMBANGAN USAHA DENGAN DIGITAL MARKETING

Sri Nawangsari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Joko Utomo
Universitas Gunadarma
Indonesia
Rehulina Apriyanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Bagus Nurcahyo
Universitas Gunadarma
Indonesia
Lasminiasih Lasminiasih
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ditya Himawati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) di Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) Berbudaya ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas masyarakat yang tergabung dalam KOOD di Kota Depok, Khususnya para pelaku usaha (UMKM). Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di KOOD ditujukan untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan pada para pelaku usaha dalam hal pengembangan usaha melalui pelatihan digital marketing. Kegiatan Pelatihan Digital Marketing ini mengundang pihak Shopee untuk memberikan pelatihan Bersama dengan tim dosen PkM Universitas Gundarma di Mitra Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) Berbudaya untuk para pelaku usaha yang bergabung dalam komunitas ini. Dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan ini telah menghasilkan dan mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha dengan mulai memasarkan produkusaha mereka secara online sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran produk dandiharapkan dapat mengembangkan usaha para pelaku UKM. Untuk tahapan selanjutnya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kumpulan Orang Orang Depok ( KOOD ) akan melakukan pelatihan atau workshop tentang Pemasaran Digital pada tingkatan yang lebih jauh sampai pada tahapan dapat memasarkan produknya sebagai komoditasekspor, sebagai keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilakukan.

Keywords
Pendampingan Pelatihan; Digital Marketing; UMKM
References

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021). Melatih Pelaku UMKM Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi di Dusun VII Manunggal. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 1179–1184.

Kadek Novayanti Kusuma Dewi, & Luh Putu Mahyuni. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96.

Information
PDF
81 times PDF : 63 times
Article Tools