PENGEMBANGAN PENGETAHUAN “MARKISA MANIS” UNTUK USAHAMINUMAN UNGGULAN DI KELURAHAN MAMPANG, DEPOK

Windy Atmawardani Rachman
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ari Kharisma
Universitas Gunadarma
Indonesia
Wahyu Widjayanti
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan pengabdian Dosen dengan bidang ilmu Akuntansi yang bertujuan untuk meningkatan pengetahuan Kelompok Usaha tentang SAK EMKM ( Entitas Mikro Kecil Menengah) dalam rangka mengembangkan pengelolaan usaha yang dapat membantu menciptakan kemudahan dan keteraturan pencatatan keuangan hasil usaha. Pengabdian Dosen dengan bidang ilmu Akuntansi pada semester ini dikhususkan untuk mengatasi masalah ketidak pahaman akan pencatatan keuangan yang sederhana. Pelaksanaan pendampingan dan monitoring mengalami evolusi dengan pola pembelajaran digital yang memberikan pengalaman pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat lebih kreatif, partisipatif, beragam dan menyeluruh. Hasil pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM ini akan memberikan manfaat dan nilai tambah pada pencatatan keuangan yang lebih akurat dan valid untuk Kelompok Usaha “Markisa Manis Mampang” pada pengabdian masyarakat ini. Selanjutnya target luaran pengabdian masyarakat difokuskan pada pembuatan aplikasi pencatatan keuangan dengan bantuan Microsoft Office Excel yang mudah, aplikatif khususnya kelompok usaha “Markisa Manis Mampang”. Pemilik usaha dapat menjalankan bisnis sesuai potensi sumber daya kelompok dengan keterampilan dan kemampuan menguasai teknologi infomasi dan komunikasi (TIK). Pada akhirnya, kelompok usaha dapat melakukan pengelolaan pencatatan keuangan hasil usahanya secara mandiri, seperti membuat laporan keuangan berbasis SAK EMKM dan mengatur cash flow yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan berusaha.

Keywords
Peningkatan Pengetahuan Mitra; SAK EMKM
References

Budiman; Setyawati DM., Himawati D., Kuspriatna L (2018). Pencatatan Keuangan Bagi Perguliran Dana Mikro Pada Kelompok Masyarakat di Era Disrupsi. Prosiding FMI ke 10. Palembang. 7-8 November 2018. ISBN 978-602-53291-0-4.

Diamond, Jack dan Khemani P., 2006, Introducing Financial Management Information Systems in Developing Countries, OECDJournal on Budgeting, Vol. 5, No. 3, p.97-132

Handayani, Bestari Dwi, 2011. Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi UsahaKecil dan Menengah, JurnalAkuntansi Manajemen, September 2011, Vol. 11 No. 1 IAI. 2016. Standar Akutansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Nash, F. John, 2003, 2003. Sistem Informasi Akuntansi I Pendekatan Manual Pratika Penyusunan Metode dan Prosedur. Bandung :Lembaga Informatika Akuntansi.

Pipt R.A dan Justita D., 2018. Implementasi Pencatatan Keuangan pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang), Jurnal JIBEKA ,Vol 12 ,No 1, pp.59 – 64 Quibria dan Tschang, 2001, Ifformation and Communication Technology and Poverty: An Asian Perspective, Asian Devolopment Bank Intitu

Information
PDF
86 times PDF : 62 times
Article Tools