UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN BAHAN PANGAN LOKAL DI DESA WISATA PANTAI MINANG RUA, LAMPUNG SELATAN

Armaini Akhirson
Universitas Gunadarma
Indonesia
Fitri Rismiyati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Shinta Teviningrum
Universitas Gunadarma
Indonesia
Mulya Sari Hadiati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Anieq Siti Zahroh
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kondisi masyarakat dan lingkungan Desa Kelawi guna mengelola Desa Wisata dan Konservasi Pantai Minang Rua Lampung Selatan. Dengan potensi yang ada, pembangunan desa wisata dapat membantu menumbuhkan ekonomi daerah dan memaksimalkan hasil bumi masyarakat sekitar. Melalui ketersediaan tenaga ahli yang kompeten dapat membantu membuka wawasan masyarakat sehingga dapat bersama sama membangun desa wisata yang lebih optimal. Selanjutnya, target luaran pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada perbaikan tata nilai dalam masyarakat, berupa teredukasinya masyarakat yang sebelumnya tidak memahami pemanfaatan bahan lokal pada desa wisata, menjadimengerti dan memahami pemanfaatan bahan lokal pada desa wisata. Sehingga masyarakat dapat lebih baik dalam memanfaatkan bahan pangan lokal yang ada di lingkungan desa wisata untuk dapat dimanfaatkan sebagai komoditas unggulan desa wisata.

Keywords
aPangan Lokal; Pengelolaan; Minang Rua; Pariwisata
References

Hall, C. M. and Mitchell, R. (2001). Wine and food tourism. In Special Interest Tourism: Context and Cases (Douglas, N., Douglas, N. and Derrett,R., eds), pp. 307 329. Husain. 2004.

Konsep dasar potensi pengembangan pangan spesifik lokal di Provinsi Papua. hlm. 33-42. Dalam. Y.P. Karafir, H. Manutubun, Soenarto, Y. Abdullah, B. Nugroho, dan M.J. Tokede (Ed.). Prosiding Lokakarya Nasional Pendayagunaan Pangan Spesifik Lokal Papua. Kerja Sama Universitas Papua dengan Pemerintah Provinsi Papua.

Mikkelsen, B. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan upaya-upaya pemberdayaan: Sebuah Buku Pegangan Bagi Para Praktisi Lapangan, Terjemahan Matheos Nalle. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Setiawan, R.I. 2016. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan(PENATARAN), 23-35. www.lampungselatankab.go.id. Selayang Pandang Kabupaten Lampung Selatan. Diakses pada 01

Information
PDF
114 times PDF : 155 times
Article Tools