OPTIMALKAN PERTUMBUHAN UMKM: PENDAMPINGAN TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN DI KOTA DEPOK

Beny Susanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Toto Sugiharto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dwi Asih Haryanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nola Marina
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah tulang punggung ekonomi nasional, tetapi pandemi COVID-19 telah menghantamnya dengan keras. Pembatasan mobilitas menyebabkan penurunan penjualan dan pendapatan UMKM. Salah satu solusi adalah memasarkan produk secara digital, namun banyak UMKM belum terampil dalam hal ini. Dibutuhkan dorongan digitalisasi UMKM dan peningkatan kualitas SDM. Untuk mengatasi masalah ini, Universitas Gunadarma menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat di Depok dari Oktober 2021 hingga Januari 2022. Program ini menyasar pelayanan kepada UMKM yang ingin bertahan dan berkembang di era pandemi, dengan memanfaatkan teknologi. UMKM didorong untuk meningkatkan nilai tambah usaha mereka melalui pembuatan media pemasaran online dan laporan keuangan. Kegiatan ini melibatkan koordinasi mitra, pendataan kebutuhan UMKM, persiapan layanan, dan pendampingan 38 UMKM di Depok.

Keywords
UMKM; teknologi; digital
References

Agil, R. & Saragih, J.P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. [Online]. Available at https://berkas.dpr.go.id [Accessed July, 27 2021].

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. Vol. 2, No. 1, pp. 123-130.

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing oleh UMKM dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid19). Jurnal MANOVA. Vol. 2, No. 2, pp. 55-65.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.6 , No. 2, Desember 2020.

Baker, T., & Judge, K. (2020). How to Help Small Businesses Survive COVID-19. Columbia Law and Economics Working Paper (620).

Bantuan Pemerintah yang Dibutuhkan Pelaku UMKM selama Pandemi Covid-19. Retrieved from https:/ /databoks.katadata.co.id/ datapublish/2021/ 03/24/ internet-terjangkau-bantuanpaling-dibutuhkan-umkm-saatpandemi

BPS RI (2020). Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha. [Online]. Available at http://bps.go.id [Accessed July, 26 2021].

Chaffey, D., Mayer, R., Johnston, K., & Ellis, C. F. (2000): Internet Marketing, London, PrenticHall. Kemenkop-UKM. (2021). Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. “Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017- 2018.” LIPI. (2020).

Mandiri Institute. (2021). Alasan UMKM Menutup Usaha pada Maret-April 2021. Retrieved from https:/ /databoks.katadata.co.id/ datapublis h/2021/ 06/30/ sederetpenyebab -umkm -tutup-usaha-pada - awal-kuartal-ii2021 OECD. (2020). SME Policy Responses: Tackling Coronavirus (Covid-19) Contributing to A Global Effort.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. pp. 59-64. Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. Vol. 9, No. 2, pp. 109-120.

Saputra,D. (2021). Survei BI : 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid19. Retrieved from htt ps:/ /ekonomi.bi snis .com/ read/20210319/ 9/1370022/ survei -bi875 -persen -umkm- indonesia-terdampak-pandemicovid-19

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCIJournal): Humanities and

Social Sciences. Vol. 3, No. 2, pp. 1147- 1156.

Survei Kinerja UMKM di Masa Pandemi COVID19. [Online]. Available at http://lipi.go.id

[Accessed January, 15 2021]. LPEMFEUI. (2021).

Tambunan, 2011.Teori Ekonomi Makro, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Information
PDF
157 times PDF : 92 times
Article Tools