ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA KUALITAS APLIKASI TICBOX ONLINE SURVEY PT. INOVASI CIPTA ABADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL

Syalis Ibnih Melati Istini, Teguh Prabowo

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis menuntut perusahaan mengatur strategi bisnis yang terus berevolusi, salah satunya yang dikenal dengan internet marketing. Internet marketing memungkinakan perusahaan untuk tetap memasarkan produknya secara bebas tanpa dibatasi ruang dan waktu. PT Inovasi Cipta Abadi adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa konsultasi piranti lunak membuat produk online riset (TICBOX) sebagai pencari solusi yang terbaik dan komunikasi dua arah antara Produsen dan Konsumen agar tetap terjalin dengan baik. Salah satu cara yang digunakan untuk mempertahankan kualitas dari TICBOX adalah dengan mengukur kepuasan konsumen terhadap website tersebut, Kualitas TICBOX diukur dengan menggunakan metode WebQual 4.0 yang mempunyai 4 variabel yaitu usability, information quality, interaction quality dan overall impression dilakukan dengan melalui uji korelasi dan regresi berganda yang diperuntukkan untuk melihat hubungan ada tidak nya pengaruh veriabel tersebut terhadap kepuasan konsumen,diperoleh nilai R adalah 0.798 atau lebih besar dari pada nilai R tabel yaitu 0.637 hal ini menunjukan bahwa antara variable bebas dan variable terikat mempunyai pengaruh, besarnya pengaruh antara variable tersebut dilihat dari nilai Adjusted R Square yaitu 0.625, yang berarti antara variable bebas (Usability, Quality Information, Quality Interaction) memiliki pengaruh 62.5% terhadap kepuasan pelanggan.

Full Text:

PDF