PERSEPSI PEMIRSA TERHADAP IKLAN KUKU BIMA ENERGI G VERSI KOLAM SUSU DI MEDIA TELEVISI SWASTA

Widiyarsih Widiyarsih

Abstract

Perkembangan industri periklanan di Indonesia meningkat pesat setelah munculnya
televisi swasta. Dengan adanya televisi swasta masyarakat bisa menikmati
berbagai tayangan hiburan, informasi, olahraga, kesenian dan sebagainya.
Pemahaman komunikan terhadap pesan iklan tergantung atas persepsi masing-masing yang menikmati iklan tersebut. Melalui iklan televisi para produsen dan
kreator iklan berharap hasil karyanya dapat diterima komunikan. Untuk itu
kreator iklan harus dapat memberikan persepsi yang jelas tentang iklan yang
dibuatnya. Atas dasar hal tersebut maka peneliti tertarik untuk mengambil judul
Persepsi Pemirsa Terhadap Iklan Kuku Bima Energi G Versi Kolam Susu di Media
Televisi Swasta. Untuk membahas permasalahan yang telah dirumuskan maka
perlu diperoleh data mengenai, pesan iklan, endorser,dialog,
audio,seting/pengaturan. Dan obyek penelitian adalah 60 responden dengan
menggunakan quesioner. Data yang terkumpul tersebut selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan metode chi square. Dari hasil penelitian diperoleh hasil X2 hitung sebesar =512,70 dan X2
tabel (0,05;16)=26,296 maka tolak Ho, dan terima
Ha. Artinya responden menilai Iklan Kuku Bima Energi G memiliki persepsi yang
sesuai dengan image, tema dan pesan yang ingin disampaikan.

Full Text:

PDF