PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES

Herry Sussanto, Widya Handayani

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh atribut produk, yang terdiri dari variabel harga, kualitas produk dan merek, terhadap keputusan pembelian handphone Samsung galaxy series. Sebagai vendor handphone nomor satu sedunia yang telah mengalahkan Nokia, Samsung telah sukses merebut pasar persaingan handphone dunia dengan adanya smartphone berbasis android dengan nama Samsung galaxy series. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada para mahasiswa yang menggunakan handphone Samsung galaxy. Kuesioner yang berhasil terkumpul sebanyak 50 responden. Penetapan responden menggunakan teknik sampel berdasarkan kebetulan di mana siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dan dianggap cocok menjadi sumber data. Pada tahap analisis dilakukan uji reliabilitas dan validitas, uji normalitas, analisis regresi liniear berganda, uji-t, uji-f, dan koefisien determinasi. Aplikasi SPSS for windows 17.0 digunakan untuk membantu pengujian model ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk dan merek secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung galaxy series. Merek memiliki pengaruh terbesar (41,5%) terhadap keputusan pembelian, disusul sesudahnya kualitas produk (32,1%), dan harga memiliki pengaruh terkecil (27,4%) terhadap keputusan pembelian.

Full Text:

PDF