PROTOTYPE APLIKASI E-LEARNING BERBASIS ANDROID MEMANFAATKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN TRANSPORTASI UMUM KOTA JAKARTA

Parno Parno, Rifka Vinka Avilya Putri

Abstract

Dalam perkembangannya Augmented Reality digunakan sebagai media pembelajaran
interaktif untuk memberi informasi secara 3D agar proses pembelajaran tidak
membosankan dan menyenangkan. Pembuatan Prototype Aplikasi E-Learning Berbasis
Android Untuk Pembelajaran Alat Transportasi Kota Jakarta memanfaatkan teknologi
Augmented Reality ini bertujuan untuk memperkenalkan transportasi umum yang ada
di Kota Jakarta kepada siswa baik siswa SD maupun SMP. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall,
dimana setiap tahapan sistem akan dikerjakan secara berurutan menurun mulai dari
perencanaan, analisis, perancangan, pengkodean dan uji coba. Pada Protoype
Aplikasi sementara terdapat lima marker untuk menampilkan objek 3D dan hanya
beroperasi pada smartphone android. Berdasarkan uji coba aplikasi terhadap 14
smartphone android dapat disimpulkan bahwa Prototypr Aplikasi E-Learning
memanfaatkan Teknologi Augmented Reality untuk pembelajaran Transportasi Umum
Kota Jakarta Berbasis Android dapat berjalan dengan baik dan seluruh tombol dapat
berfungsi dengan baik pula.

Full Text:

PDF