STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI ANALISIS SOAR (STUDI KASUS PADA BISNIS CLOTHING SOLID OBJECT)

Dwiky Tegar Santoso, Widyatmini Widyatmini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Ekonomi Kreatif
melalui Analaisis SOAR. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan clothing Solid
Object. Penelitian ini menggunakan sampel karyawan clothing Solid Object dengan
menyebar kuesioner dan memperoleh jawaban dari 37 responden karyawan clothing
Solid Object. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas,
Analisis SOAR, IFAS (Internal Strategic Factors Analisys Summary), dan EFAS
(Eksternal Strategic Factors Analisys Summary). Pada penelitian ini, peneliti
menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor
Kekuatan (Strenghts) dan faktor Hasil (Results) memiliki nilai yang lebih tinggi
dibandingan dengan faktor Peluang (Oportunities) dan faktor Harapan (Aspirations).
Pada matriks SOAR dari strategi SR menunjukkan bahwa faktor Kekuatan (Strenghts)
dan faktor Hasil (Results) berada pada posisi berkembang(growth). Artinya, Strategi
yang relevan untuk diterapkan yaitu Menambah varian produk berupa Sweater dan
Jacket, Memberi gift berupa marchendise di setiap pembelian produk, dan
Meningkatkan kualitas produk melalui quality control produk.

Full Text:

PDF