FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI FITUR SHOPEE LIVE

Desti Dirnaeni, Irfan Ardiansyah, Christera Kuswahyu Indira

Abstract

Penjualan produk bekas pakai (preloved) saat ini semakin banyak digandrungi oleh
masyarakat umum, diantaranya dari elektronik, pakaian, mainan anak hingga boneka
dengan media live streaming videomelalui digital. Banyaknya minat masyarakat
tersebut membuat para pelaku usaha UMKM melakukan kegiatan berjualan barang
tersebut, produk bekas pakai berupa boneka yang menjadi fokus objek. Tujuannya
untuk mengetahui pengaruh live streaming video, kualitas produk dan kepercayaan
secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Data diperoleh melalui
kuesioner online kepada 100 responden. Analisis data dilakukan dengan verifikatif
untuk mengetahui pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini live streaming video dan kepercayaan berpengaruh
parsial sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian
dan semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian
melalui fitur shopee live.

Full Text:

PDF