PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS: PEMBELIAN PAKAIAN PADA PUSAT KONVEKSI DI KAMPUNG BULAK TIMUR, CIPAYUNG, DEPOK

Ade Rachmawati Nurfitri, Dimyati Dimyati

Abstract

Keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk yang berupa pakaian,
dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti motif, bahan pakaian, lokasi serta faktor
harga dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen, untuk
jenis produk yaitu pakaian, baik secara parsial maupun simultan.Metode analisi s data
adalah menggunakan data primer kuantitatif, dengan melakukan beberapa tahap
pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji
heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan pengujian koef isien
determinasi. Data yang diperoleh berasal dari pengisian instrument kuesioner dengan
perolehan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Hasil yang
diperoleh pada penelitian ini adalah bahwa secara parsial variabel persepsi harga
tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel persepsi harga dan kualitas
produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.

Full Text:

PDF