ANALISIS KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK LONG LASTING LTPRO

Yumnaa Ashiilah, Herry Sussanto

Abstract

Seiring dengan persaingan yang semakin ketat pada saat ini, menuntut perusahaan
untuk menerapkan standar kualitas produk yang dihasilkannya.Hal ini terjadi karena
kualitas suatu produk menentukan berhasil atau tidaknya produk tersebut menembus
pangsa pasar. Yang menjadi persoalan adalah apabila produk yang dihasilkan
merupakan produk yang juga dihasilkan oleh perusahaan lain, sehingga menimbulkan
persaingan dari berbagai perusahaan yang ada.Produk di bidang kecantikan
mempunyai kecenderungan yang terus meningkat dan menunjukan daya tariknya
seiring dengan perkembangan zaman.Ltpro merupakan salah satu produk kosmetik
yang dapat diperhitungkan karena memiliki jenis kosmetik yang banyak dan memiliki
kualitas yang baik.Ltpro juga merupakan salah satu merk yang laku dipasaran dan
banyak dicari oleh para konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
kualitas produk, citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk lipstik
long lasting merk Ltpro secara parsial dan simultan. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner terhadap 100 responden. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dimana untuk mengetahui tanggapan
responden terhadap variabel-variabel yang akan diuji dalam penelitian ini dengan teknik
accidental samplingmerupakan suatu cara pemilihan sejumlah elemen dari populasi untuk
menjadi anggota sampel, dimana pemilihannya dilakukan sedemikian rupa sehingga setiap
elemen mendapatkan kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel.Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, uji validitas, uji realibilitas,
analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t(uji parsial), uji F
(uji silmutan), dengan menggunakan software SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil
kesimpulan hasil analisis menunjukan bahwa variabel kualitas produk, citra merek,
harga, dan promosi mempengaruhi terhadap keputusan pembelian lipstik long lasting
Ltpro di Matahari Metropolitan Mall Bekasi secara positiv.

Full Text:

PDF