PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PIZZA HUT DI KOTA BEKASI

Christera Kuswahyu Indira, Budi Utami

Abstract

Kepuasan konsumen dapat menjaga hubungan antara perusahaan dengan konsumen
yaitu konsumen akan melakukan pembelian kembali dan memberikan rekomendasi
yang baik sehingga berpengaruh terhadap peningkatan penjualan perusahaan, namun
semakin banyaknya pesaing sejenis membuat perusahaan harus lebih mampu
mengembangkan strategi untuk dapat mempertahankan kepuasan konsumen sehingga
tidak ditinggal oleh konsumen, dengan memberikan harga yang kompetitif, kualitas
produk dengan mutu terjaga dan kualitas pelayanan yang memuaskan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen Pizza Hut secara parsial. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring terhadap
100 responden yang pernah mengkonsumsi Pizza Hut secara langsung. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis uji partial dan
koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu software SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel persepsi harga, kualitas produk, kualitas pelayanan
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil temuan
menegaskan bahwa perusahaan dapat memahami perilaku dan memenuhi kebutuhan
konsumen dengan melakukan strategi pemasaran yang berorientasi kepada konsumen
yaitu harga, kualitas produk dan pelayanan sebagai upaya meningkatkan kepuasan
konsumen.

Full Text:

PDF