APLIKASI “TECHNOBALL” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER

Muhamad Alfajri, Vega Valentine

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi Informasi Teknologi Olahraga
Sepakbola “TechnoBall” Berbasis Android yang dapat memudahkan penggemar
sepakbola dalam mengetahui teknologi olahraga sepabola. Metode penelitian yang
digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan yang
meliput perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, pembuatan aplikasi,
dan uji coba aplikasi. Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan diagram
Unified Modelling Language (UML), struktur navigasi, dan rancangan tampilan
antarmuka aplikasi. Pembuatan aplikasi ini menggunakan framework Flutter dengan
bahasa pemrograman Dart. Pengujian aplikasi dilakukan dengan tiga jenis uji coba,
yaitu uji coba BlackBox dan uji portabilitas perangkat. Hasil uji coba Black Box
menyatakan bahwa semua fungsi pada aplikasi telah berfungsi dengan baik sesuai
dengan output yang diharapkan. Berikutnya, hasil dari uji portabilitas perangkat
menyatakan bahwa aplikasi telah berjalan secara optimal pada setiap perangkat
Android dengan rentang spesifikasi tertentu. Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik
setelah diuji coba di telepon pintar berbasis android.

Full Text:

PDF