IMPLEMENTASI ALGORITMA ASSOCIATION RULE UNTUK PROMOSI PRODUK BERBASIS WEBSITE PADA BENGKEL DELTA JAYA MOTOR

Anggara Fajri Afif, Ericks Rahmat Swedia, Margi Cahyanti

Abstract

Bengkel Delta Jaya Motor merupakan toko yang menjual sparepart motor. Hampir
setiap hari dikunjungi konsumen. Adanya kegiatan transaksi penjualan setiap hari
membuat data semakin lama akan semakin bertambah banyak. Pada saat ini toko delta
jaya motor belum memanfaatkan ketersediaan jumlah data yang besar tersebut untuk
menentukan strategi bisnisnya, seperti menentukan produk yang sering dibeli oleh
konsumen, menentukan strategi pemasaran, mengatur ketersedian stok produk dan lain
sebagainya. Kemajuan teknologi informasi juga belum dimanfaatkan, aplikasi website
adalah suatu wadah informasi yang bersifat realtime sehingga mempermudah
konsumen memperoleh informasi. Dengan adanya aplikasi website diharapkan
memudahkan proses bisnis pada toko delta jaya motor seperti konsumen dapat
langsung melihat produk di halaman website beserta stok dan produk lain yang sering
dibeli bersamaan. Penelitian ini membahas analisis dan penerapan data mining untuk
melihat pola pembelian konsumen Delta Jaya motor menggunakan teknik association
rule. Dengan menggunakan teknik association rule berhasil ditemukan 11 (sebe las)
aturan asosiasi dengan memberikan batas minimum support 13% dan minimum
confidence 30%. Hasil dari aturan asosiasi tersebut memberikan informasi untuk
membantu pihak manejemen atau pemilik bengkel dalam menentukan strategi
bisnisnya, seperti mengatur produk yang sering dibeli, menentukan strategi pemasaran
dan mengatur ketersediaan stok produk.

Full Text:

PDF