ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA START UP COMPANY “UNICORN” (STUDI KASUS: TRAVELOKA DI WILAYAH DKI JAKARTA)

Aditya Rian Ramadhan, Perli Iswanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi
terhadap loyalitas pengguna start up company yang memiliki status “unicorn”. Status
“unicorn” adalah status yang dimiliki oleh perusahaan startup dengan valuasi nilai 1
Miliar Dollar atau lebih. Variabel - variabel dalam penelitian ini adalah Advertising,
Trade Promotion, Word Of Mouth, CRM terhadap loyalitas pengguna startup company
Traveloka di wilayah DKI Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan regresi dan korelasi
yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh dan hubungan sesuatu
yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Populasi dalam penelitian
ini adalah masyarakat yang pernah menggunakan aplikasi traveloka yang berdomisili
di wilayah DKI Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik
pengambilan sampel purposive sampling method. Teknik analisis data yang digunakan
penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan alat uji validitas, uji
reliabilitas, skala likert, uji regresi binary logistic, dan uji Nagelkerke R Square. Hasil
dalam penelitian ini adalah, variable advertising dan customer relationship
management berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel trade promotion
dan word of mouth berpengaruh positif namun tidak signifikan.

Full Text:

PDF