PENGARUH FAKTOR DETERMINAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AIR MINUM KEMASAN GALON MEREK AQUA KECAMATAN PERIUK KOTA TANGERANG

Alda Putri Meiliana, Ade Rachmawati Nurfitri, Dimyati Dimyati

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah maraknya pemalsuan air mineral kemasan Aqua
gallon yang dilakukan pada depot isi ulang, sehingga pemilihan merk suatu produk air
minum dalam kemasan gallon merupakan faktor pertimbangan yang sangat penting
bagi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas
produk dan brand image terhadap kepuasan konsumen serta untuk mengetahui
variabel mana yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Pada penelitian ini
metode analisis yang digunakan adalah data primer kualitatif, tahap uji yang
dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, kelayakan faktor, normalitas,
heteroskedastisitas, multikolinieritas, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji
F dan uji T. Pada penelitian ini menggunakan data yang berasal dari kuesioner
sebanyak 100 responden, dengan alat bantu pengujian SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen, dan variabel yang paling dominan berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen adalah citra merek.

Full Text:

PDF