LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN KOREA

Kenes Pranandari Wibowo

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk
memberi gambaran dari pelanggan restoran Korea dengan membandingkan nilai mean
empirik. Dengan teknik purposive sampling, responden yang terlibat dalam penelitian
ini sebanyak 100 responden dengan karakteristik, yaitu merupakan pelanggan restoran
Korea yang berada di wilayah Jabodetabek dan minimal tiga kali pergi ke restoran
Korea dalam 1 bulan terakhir. Untuk mengukur loyalitas pelanggan ini digunakan
kuesioner yang disusun berdasarkan aspek loyalitas pelanggan yang terdiri dari
loyalitas kognitif (cognitive loyalty), loyalitas afektif (affective loyalty), loyalitas
konatif (conative loyalty), dan loyalitas tindakan (action loyalty). Hasil penelitian ini
menunjukkan mean empirik loyalitas pelanggan laki-laki, pelanggan dengan frekuensi
6-10 kali ke restoran dalam sebulan terakhir, dan yang berpenghasilan 1 sampai
dengan 5 juta perbulan lebih tinggi dibandingkan dengan kategori yang lain .

Full Text:

PDF