PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WARUNG GOCENG YANG BERLOKASI DI JL. PONCOL KELAPA DUA DEPOK, JAWA BARAT

Ditiya Himawati

Abstract

Dengan adanya kondisi pandemi Covid 19 yang masih terjadi hingga saat ini
menyebabkan semua usaha kecil dan menengah (UKM) mengalami penurunan
terutama pada usaha bidang kuliner. Oleh sebab itu, banyak pelaku usaha kecil bidang
kuliner membuat strategi penjualan secara online yang bekerjasama dengan ojek
online (GoJek atau Grab). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Warung
Goceng baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel yang
paling berpengaruh atau dominan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik pengambilan
sampel dengan sampel non probabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis
regresi linier berganda dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 23. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan.
Kualitas pelayanan paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang berarti
bahwa kualitas pelayanan Warung Goceng sudah baik dan cepat dalam melayani
pelanggan sehingga dapat menciptakan kepuasan pelanggan.

Full Text:

PDF