PERAN PERCEIVED VALUE DALAM MEMEDIASI BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY

Komsi Koranti, Dhanar Ahmad Wicaksana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat terhadap sepatu Converse.
Pada tahun 2020 konsumen sepatu Converse di Indonesia, mencapai 48,1 persen.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran
perceived value sebagai variabel mediator pada pengaruh brand awareness dan
perceived quality terhadap brand loyalty. Penelitian ini berbentuk asosiatif dan
dilakukan pada konsumen sepatu Converse. Analisis data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan aplikasi
Analisys of Moment Structure. Hasil uji menunjukkan terdapat pengaruh signifikan
antara Brand Awareness terhadap Brand Loyalty, Brand Awareness terhadap
Perceived Value, Perceived Quality terhadap Brand Loyalty. Perceived Quality
terhadap Perceived Value, maupun Perceived Value terhadap Brand Loyalty.
Sedangkan terhadap pengujian Brand Awareness maupun Perceived Quality melalui
Perceived Value terhadap Brand Loyalty, diperoleh hasil bahwa Perceived Value tidak
cukup bukti yang menunjukkan bahwa merupakan variabel mediasi.

Full Text:

PDF