E-LEARNING VITAMIN PADA BUAH DENGAN AUGMENTED REALITY

Winarti Winarti

Abstract

Salah satu media pembelajaran dengan menggunakan teknologi terbaru yaitu
Augmented Reality (AR). Penggunaan AR dinilai lebih interaktif dan dapat
merangsang daya imajinasi anak sehingga dapat lebih menarik minat anak untuk
belajar. Tujuan penulisan ini untuk membuat aplikasi pembelajaran buah-buahan
dengan Augmented Reality sebagai media pengenalan tentang buah-buahan dan
vitamin yang menarik serta terdapat kuis. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan
software SketchUP, Unity 3D, dan Vuforia SDK. Pada aplikasi ini menggunakan fitur
AR (Augmented Reality) untuk menampilkan objek 3D buah beserta penjelasan dalam
bentuk teks dan suara, fitur kuis yang berisikan 10 soal. Terdapat menu vitamin yang
berisi penjelasan mengenai kelima manfaat vitamin dan menu panduan aplikasi.
Aplikasi telah di uji coba pada ketiga smartphone yaitu Oppo F1s, Samsung Galaxy J7
dan Samsung Galaxy J6. Hasil uji coba ketiga smartphone dapat disimpulkan bahwa
scanning marker pada AR (Augmented Reality), Kuis, Vitamin, dan Panduan berfungsi
dengan baik. User interface pada smartphone Oppo F1s dan Samsung Galaxy J7
terlihat rapih dan jelas, namun pada smartphone Samsung Galaxy J6 yang memiliki
ukuran resolusi layar 1480 x 720 pixels, user interface pada halaman menu utama
terlihat lebih kecil.

Full Text:

PDF