PENGARUH LABELISASI HALAL, CITRA MERK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN IMPOR DI KALANGAN MAHASISWA

Hernama Hernama, Lies Handrijaningsih

Abstract

Proses pemilihan kehalalan produk akan menjadi salah satu faktor konsumen dalam keputusan
pembelian. Status halal dari produk merupakan sebuah atribut kepercayaan yang tidak terlihat
dan tidak bisa diverifikasi oleh konsumen. Labelisasi halal isyarat penting bagi konsumen
tentang produk. Faktor lainnya adalah citra merk dan harga. tujuan dalam penelitian ini adalah
: untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk mie instan
impor, untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk mie instan
impor, dan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk mie instan
impor, serta untuk mengetahui label halal, citra merek dan harga secara bersama-sama
mempengaruhi keputusan keputusan pembelian produk mie instan impor. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif yang dilakukakan di lingkungan perguruan tinggi swasta Jakarta. Subjek
yang dijadikan responden adalah mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden.
Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana. Hasilnya dalam keputusan pembelian
mie instan impor, konsumen akan memperhatikan label halal bersama-sama dengan citra merek
dan harga.

Full Text:

PDF