ANALISIS RANCANGAN TEMATIK MALL PELAYANAN PUBLIK KOTA DEPOK

Yudi Nugraha Bahar, Gaby Damara Dwiputri

Abstract

Kota Depok sebagai penyangga Kota Jakarta memiliki kebutuhan layanan
administratif publik yang makin tinggi. Kota Depok sendiri memiliki beragam bidang
pelayanan publik yang ditawarkan oleh kepemerintahan daerah untuk mempermudah
aktifitas masyarakat. Namun layanan-layanan publik tersebut kian terasa tidak
efisien, sehingga solusinya sebua wadah penunjang baru atau sebuah kantor pelayanan
publik satu pintu berupa Mal Pelayanan Publik. Pelayanan terpadu satu pintu dalam
konsep mall ini mewadahi kegiatan penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan
yang dilakukan dalam satu tempat. Tema perancangan yang diangkat yaitu Reliability.
Makna kehandalan tersebut dimulai dari pemilihan lokasi tapak yang strategis,
pengolahan akses dan konsep rancangan bangunan yang mampu menyelesaikan
permasalahan pelayanan publik, serta memenuhi aspek estetika. Konsep-konsep
rancangan tematik kemudian dikonkritkan dalam desain yang representatif.
Berdasarkan filosofi tema rancangan tersebut, bangunan memiliki kesan kokoh, kuat,
dipercaya namun tetap memiliki keindahan. Esensi dasar aplikasi rancangan, yakni:
visual consistency, pengunaan bentuk-bentuk stabil, dan terbuka, serta mudah diakses.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Reliability, Satu Pintu

Full Text:

PDF