ANALISIS JARINGAN SOSIAL KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PEMANFAATAN TWITTER TOKOPEDIA

Nuke Farida

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah komunikasi dan luasnya jejaring
sosial pemasaran Tokopedia di twitter dengan tagar #MulaiAjaDulu. Metode
penelitian yang digunakan adalah analisis jejaring sosial dengan pendekatan terori
Computer Mediated Communication (CMC) serta memanfaatkan perangkat lunak
Gephi untuk menganalisis struktur dan karakteristik komunikasi dan Netlytics untuk
mengumpulkan data mentah dari jaringan Tokopedia di Internet. Hasil temuan
penelitian menunjukkan bahwa secara umum, ukuran jaringan Tokopedia adalah 194
simpul, sedangkan anggota ukuran jaringan yang berada dalam satu cluster dengan
Tokopedia sekitar 34 simpul dan 27 simpul diantaranya memiliki hubungan langsung
serta 7 simpul memiliki hubungan tidak langsung. Tingkat kepadatan jejaring adalah
rendah dan tingkat timbal balik memiliki komunikasi satu arah antara Tokopedia dan
anggota jaringannya. Pada tingkat diameter, dibutuhkan 2 langkah untuk mencapai
Tokopedia dan jarak rata-rata antara node untuk berinteraksi satu sama lain adalah
1,15. Tokopedia memiliki jaringan terdesentralisasi (penyebaran) yang berarti ada
beberapa aktor penting di setiap cluster yang tidak saling terkoneksi dengan cluster
lain.

Full Text:

PDF