PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PT UNILEVER INDONESIA TBK PERIODE 2004-2013

Christera Kuswahyu Indira, Rini Dwiastutiningsih

Abstract

Harga soham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. Jika perusahaan
mencapai prestasi yang baik, maka soham perusahaan tersebut akan diminati
investor. Prestasi perusahan dopat dilihot di dalam laporan keuangan yang
dipublikasikan oleh perusahaan (emiten). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh faktor-faktor fundamental terhadop harga saham PT
Unilever Indonesia Tbkperiode 2004-2013. Metodeyang digunakan adalah analisis
regresi tinier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial net profit margin dan return on
equity tidak berpengaruh terhadap harga saham PT Unilever Indonesia Tbk.
Uanya earning per share yang berpengaruh terhadap harga saham PT Unilever
Indonesia Tbk. Secara simultan, net profit margin, return on equity, dan earning
per share berpengaruh terhadap harga saham PT Unilever Indonesia Tbk. Data
data sekunder untuk penulisan ini diperoleh dengan melakukan kunjungan ke
website PT. Unilever Indonesia Tbk. Digunakan data ikhtisar keuangan periode
tahun 2004-2013 yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS.

Full Text:

PDF