PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. LION MENTARI AIRLINES

Yesa Martha Vita Simanungkalit, Endang Setyaningsih

Abstract

Kepemimpinan dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin, dalam
mengarahkan, mendorong, dan mengatur semua unsur-unsur didalam suatu
organisasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang akan dicapai, sehingga menghasilkan
kinerja pegawai yang maksimal. Untuk meraih tujuan tersebut harus di upayakan
bagaimana cara seorang pemimpin dapat memberikan dorongan semangat kerja
kepada karyawan, agar sasaran maupun tujuan yang di rencanakan secara bersama
dapat mencapai target. Selain itu, pemimpin dapat memberikan promosi jabatan
bagi karyawan yang berprestasi agar, terciptanya kepuasan kerja karyawan. Dengan
memberikan kompensasi, karyawan akan memiliki kepuasan kerja maupun semangat
kerja yang tinggi untuk mencapai suatu target. Kepuasan kerja adalah keadaan
emosional karyawan di mana terjadi atau pun tidak terjadi titik temu antara nilai
balas jasa kerja karyawan dari perusahaan/organisasi dengan tingkat nilai balas
jasa yang memang diinginkan oleh karyawan yang bersangkutan. Penelitian dilakukan
pada PT. Lion Mentari Airlines . Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan
metode analisa regresi berganda dan menggunakan koefisien determinasi uji F dan
uji T untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner
yang dibagikan kepada 50 responden karyawan PT. Lion Mentari Airlines. Dari
ketiga variabel independen yang diuji secara individual, tipe kepemimpinan yang
paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan kerja karyawan adalah tipe pemimpin
Otoriter (X2).

Full Text:

PDF