SISTEM AUTOMASI DAN MONITORING PADA METODE PERTANIAN AEROPONIK

Dyah Anggraini
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sandy Suryo Prayogo
Universitas Gunadarma
Indonesia
Suhartini Suhartini
Universitas Gunadarma
Indonesia
Yogi Permadi
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Metode aeroponik adalah salah satu cara budidaya tanaman dengan media udara. Pada metode ini, akar tanaman dijadikan tergantung dan disemprot secara berkala dengan air yang mengandung nutrisi. Karena kegiatan penyiraman pada metode pertanian ini memerlukan pengawasan yang rutin, maka dibuatlah suatu sistem automasi yang dapat memudahkan perawatan. Tahap awal pembuatan sistem automasi meliputi desain rancangan wadah aeroponik dan perangkat kendali elektronik. Perangkat aeroponik dibuat dari bahan paralon dan sterofoam, sedangkan perangkat kendali dibuat dalam bentuk kotak portabel yang disebut kotak kendali. Kotak kendali terdiri dari beberapa perangkat elektronik, seperti power supply, mikrokontroller, relay, dan sebagainya, dengan masukan daya AC dan keluaran daya AC/DC. Kotak kendali juga memiliki konektor yang terhubung dengan beberapa perangkat I/O, seperti sensor dan pompa. Setelah pembuatan, dilakukan tahap ujicoba masing-masing perangkat. Pada tahap akhir, perangkat untuk sistem automasi pada metode pertanian aeroponik yang telah berhasil dibuat dan diuji coba secara keseluruhan diimplementasikan pada perangkat aeroponik. Dengan adanya sistem automasi, perawatan tanaman pada metode aeroponik menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan secara otomatis berdasarkan kelembaban akar tanaman dan juga pencampuran nutrisi pada wadah air yang digunakan untuk penyiraman. Selain itu, terdapat alarm yang menunjukkan kondisi volume wadah air sehingga perawatan tanaman dapat dilakukan dengan lebih optimal.

Keywords
agrikultur; aeroponik; sistem automasi; mikrokontroller; sistem kendali; teknologi sensor
References

A. R. Fauzi1, A. N. Ichniarsyah, dan H. Agustin, “Pertanian perkotaan : urgensi, peranan, dan praktik terbaik urban agricuture : urgency, role, and best practice,” Jurnal Agroteknologi, vol.10, no.01, hal.49-62, 2016.

Petaniindo.com, “Keunggulan dan kelemahan sistem aeroponik.” [Daring]. Available: https://petaniindo.com/keunggulan-dan-kelemahan-sistem-aeroponik/. [Diakses: 24 November 2021]

B. Uddin, “Rancang bangun alat penyiram tanaman kentang gantung otomatis berbasis Arduino,” PETIR, vol. 14, no. 1, hal. 8–16, 2020.

I. A. Lakhiar, J. Gao, T. N. Syed, F.A. Chandio, M.H. Tunio, F. Ahmad, K.A. Solangi, “Overview of the aeroponic agriculture -An emerging technology for global food security,” International Journal of Agricultural and Biological Engineering, vol.13, no.1, hal.1-10. 2020.

I. F. Rahmad, L. Tanti, R. Puspasari, E. Ekadiansyah, V. A. Fragastia, “Automatic monitoring and control system in aeroponic plant agriculture,” The 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM 2020), On Virtual, October 23-24, 2020.

A. Safrimawan, “Sistem kontrol pemberian nutrisi pada budi daya tanaman aeroponik berbasis fuzzy logic,” J. Appl. Electr. Eng., vol. 3, no. 1, hal. 19–23, 2019.

Desmira, D. Aribowo, dan R. Pratama, “Penerapan sensor ph pada area elektrolizer di PT Sulfindo Adiusaha,” PROSISKO, vol. 5, no. 1, hal. 2406 – 7733, 2018.

Sotyohadi, W. S. Dewa, dan I. K. Somawirata, “Perancangan pengatur kandungan TDS dan pH pada larutan nutrisi hidroponik menggunakan metode fuzzy logic,” ALINIER J. Artif. Intell. Appl., vol. 1, no. 1, hal. 33 – 43, 2020.

E. A. Prastyo, “Arduino Nano,” [Daring]. Available: https://www.arduinoindonesia.id/2019/01/arduino-nano.html. [Diakses: 26 November 2021].

E. A. Prastyo, “Software Arduino IDE,” [Daring]. Available: https://www.arduinoindonesia.id/2018/07/software-arduino-ide.html. [Diakses: 28 November 2021].

J. Iriani, I. Lazuli, dan K. Kunci, “Sistem monitoring ruang bercocok tanam aeroponik berbasis IoT (Internet Of Things) menggunakan single board computer the implementation of theoreme bayes method for diagnosing the lung disease chronic obstructive (COPD),” IT (Informatic Technique) Journal, vol. 6, no. 2, hal. 2252 – 746, 2018.

G. H. Indrajaya, M. Ramdhani, dan M. A. Murti, “Rancang bangun total dissolve solids (tds) meter pada tanaman aeroponik berbasis internet of things (IoT),” eProceedings Eng., vol. 6, no. 3, hal. 10105 – 10111, 2019

Information
PDF
279 times PDF : 248 times