CLUSTERING DATA CUTI SAKIT MENGGUNAKAN ALGORITMA AFFINITY PROPAGATION (STUDI KASUS: PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI JAKARTA)

Tika Purnama Putri
orcid
Universitas Gunadarma
Indonesia
Febriani Febriani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Konsep data mining dapat diimplementasikan pada berbagai data, salah satunya adalah data cuti karyawan. Penerapan data mining pada data cuti sakit karyawan berfungsi untuk menghasilkan analisa pola penyakit sehingga dapat dijadikan referensi untuk  tindakan preventif dan rehabilitatif terkait cuti sakit dan kesehatan karyawan. Penelitian ini menggunakan teknik Clustering dengan Algoritma Affinity Propagation pada data cuti sakit Perusahaan Telekomunikasi dengan atribut berupa, departemen karyawan, usia dan penyakit . Tahapan penelitian terdiri dari pengumpulan data, pre-processing, implementasi Affinity Propagation, pembuatan laporan dan visualisasi. Hasilnya menunjukan bahwa Algoritma Affinity Propagation dipengaruhi oleh preferences, damping factor dan iterasi. Untuk menghasilkan kualitas cluster terbaik, penelitian ini menggunakan nilai preference median, damping factor 0,5 dan iterasi 100 kali, sehingga menghasilkan silhouette coefficient sebesar 0,426, running time 0,56 detik dan menghasilkan 2 cluster. Cluster pertama didominasi oleh departemen Cellular Operation, Permit Relation dan IT dengan dominasi penyakit Gastritis, Infeksi Saluran Pernafasan bagian atas (Influensa, Tonsilitis, Pharyngitis, Laryngitis, Sinusitis, Rhinitis) serta Diare dan Disentri dengan  usia berkisar 23 hingga 64 tahun. Cluster kedua didominasi oleh departemen NOC, Cellular Operation dan Human Resources dengan dominasi penyakit Infeksi Saluran Pernafasan lain (Bronchitis, Pleuritis, Pneumonia, Asma dan lainya), Dermatitis Alergi dan Pulpitis Gingivitis dengan range usia berkisar 24 hingga 49 tahun.
Keywords
Affinity Propagation; Analisa data cuti sakit; Clustering
References

Davies dan P. Beynon, Database Systems Third Edition, New York: Palgrave Macmillan, 2004.

E. Irwansyah dan M. Faisal, Advanced Clustering: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: DeePublish, 2015.

T. Alfina, dkk, "Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-Means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data (Studi Kasus: Problem Kerja Praktek Teknik Industri ITS)," Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, pp. 1-10, 2018.

F. Wiza, "Klasterisasi karakteristik kekerasan seksual terhadap anak," Jurnal teknologi informasi dan Komunikasi, pp. 44-53, 2019.

A. Sarica, M. G. Vaccaro, A. Quattrone dan A. Quattrone, "Pengelompokan Kognitif Parkinsonism melalui Affinity Propagation," Algorithms, vol. 14, pp. 2-22, 2021.

MAG Learning, “Skor Standar (Z-Score) Untuk Screening Data Dan Regresi,” in MAG, [Daring], 2019. https://maglearning.id/2019/02/27/skor-standar-z-score-untuk-screening-data-dan-regresi/ [Diakses: 24 Desember 2021].

R. Dermawan, F. A. Bachtiar dan P. P. Adikara, "Peringkasan Teks Untuk Deteksi Kejadian Pada Dokumen Twitter Berbahasa Indonesia Dengan Metode Affinity Propagation," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, pp. 2208-2214, 2018.

J. Kang, K. Lerman and Plangprasopchok, "Analisis Microblogs menggunakan Affinity Propagation," Social Media Analytics, pp. 67-70, 2010.

Information
PDF
342 times PDF : 183 times