EVALUASI KEBUTUHAN FUNGSIONAL PADA TOP LAUNDRY

Ina Siti Hasanah
Gunadarma University
Indonesia
Ranti Hurahmah
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

TOP LAUNDRY merupakan salah satu usaha layanan jasa cuci kering yang menggunakan sistem konvensional, di mana faktor kesalahan manusia dalam menjalankan sistem manual masih cukup besar. TOP LAUNDRY menginginkan kegiatan operasional berbasis sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari Voice of Customer (VoC), menentukan kebutuhan fungsional dan menentukan hasil prioritas kebutuhan fungsional dari sistem informasi pelayanan jasa di TOP LAUNDRY. Hal ini dapat diselesaikan dengan menentukan prioritas kebutuhan fungsional sistem dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil wawancara kepada responden menghasilkan sebanyak 20 VoC. Penentuan kebutuhan fungsional dilakukan dengan menerjemahkan VoC dan menghasilkan 22 kebutuhan fungsional untuk merancang sistem informasi. Penentuan kebutuhan fungsional menggunakan matriks House of Quality (HoQ) II yang diawali dengan menentukan nilai relasi di antara hows dan whats. Nilai prioritas tertinggi sebesar 78 yaitu memiliki fitur pencetakan nota, Nilai prioritas terendah sebesar 10 yaitu memiliki fitur untuk menyimpan data transaksi dan laporan bulanan yang bersifat softcopy.

Keywords
Voice of Customer; Quality Function Deployment; Nilai Prioritas
References

M. Alfarizi, T. Aspiranti and C. Cintyawati, "Analisis Pengendalian Kualitas Pelayanan Jasa dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk Mengoptimalkan Kualitas Pelayanan," Prosiding Manajemen, vol. 7, no. 2, hal. 347-352, 2021.

R. Sentosa, L. Lahindah and L. Gandajaya, "Analisis Kualitas Pelayanan dengan Menggunakan Quality Function Deployment pada Modern Laundry Cirebon," Bina Ekonomi : Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, vol. 25, no. 1, hal. 76-94, 2021.

Y. D. Prasetya and E. Sudarmilah, "Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laudry pada Barokah Laundry," Abdi Teknoyasa, vol. 3, no. 1, hal. 86-95, 2022.

H. Kamil and A. Duhani, "Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laudry Berbasis Web dengan Fitur Mobile pada 21 Laundry Padang," in Prosiding SEMNASTEK : Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Jakarta, 2016.

S. Kurniasari, M. C. Saputra and A. D. Herlambang, "Evaluasi Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi Pelaporan Kegiatan Menggunakan Metode Quality Function Deployment di BNN Kota Malang," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, hal. 7331-7337, 2018.

M. Ayudya, E. Nursanti and J. Hutabarat, "Desain dan Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Akademik Dosen (SIAADOS) dengan Web Dinamis untuk Peningkatan Karir Dosen Tetap di Universitas Gajayana Malang," Teknologi dan Manajemen Industri, vol. 3, no. 1, hal. 20-25, 2017.

D. P. Andriani, I. Hamdala, S. E. Swara and H. Fadli, "Perancangan Business Digital Platform dalam Mendukung Keberlanjutan IKM dengan Pendekatan Quality Function Deployment," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 18, no. 1, hal. 42-54, 2019.

D. Maritan, Practical Manual of Quality Function Deployment, Switzerland: Springer Intenational Publishing, 2015.

N. Purwandari and A. Fauzi, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen pada Toko XYZ Berbasis Desktop," JUNSIBI : Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 1, no. 2, hal. 54-64, 2020.

J. Heizer, B. Render and C. Munson, Operations Management : Sustainability and Supply Chain Management, New York: Pearson, 2020.

H. Lee, J. Han and Y. Suh, "Gift or Threat? An Examination of Voice of The Customer: The Case of MyStarbucksIdea.com," Electronic Commerce Research and Applications, vol. 13, no. 3, hal. 205-219, 2014.

A. Hardiyanti, Karseno and E. M. Dewi, "Aplikasi Metode Quality Function Deployment (QFD) dalam Perancangan Produk Tempoyak," AGROINTEK : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, vol. 16, no. 2, hal. 264-277, 2022.

O. Panjaitan and Y. Manik, "Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) dalam Mendesain Produk Turunan Andaliman," Talenta Conference Series : Energy and Engineering (EE), vol. 2, no. 3, hal. 40-58, 2019.

L. Cohen, Quality Function Deployment: How to Make QFD Work of You, New York: Wesley Publishing Company, 2010.

E. Mulyati and S. T. Handoyo, "Analisis

Kepuasan Pelanggan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di PT POS Indonesia KC Baturaja 32100," Jurnal Logistik Bisnis, vol. 13, no. 1, hal. 43-54, 2023.

Information
PDF
112 times PDF : 76 times